Kesehatan

5 Antibiotik Alami Yang Ampuh Lawan Bakteri Dan Virus

Primaberita.com –  Antibiotik berfungsi untuk membantu tubuh mengatasi infeksi bakteri. Bakteri lebih besar dari virus. Mereka hidup dimana saja dan beberapa merupakan bakteri baik yang tidak menginfeksi. Secara normal bakteri tidak menimbulkan masalah bahkan bermanfaat untuk pencernaan, tetapi jika daya tahan tubuh melemah keseimbangan bakteri usus terganggu sehingga menyebabkan diare, ataupun sembelit.

Untuk melawan infeksi bakteri biasanya digunakan antibiotik. Akan tetapi antibiotik memiliki efek samping jika tidak digunakan secara tepat. Salah satu efek sampingnya adalah resistensi antibiotik dari beberapa kuman dan bakteri. Ada  beberapa antibiotik alami yang aman untuk tubuh dan tidak menimbulkan efek samping. Berikut beberapa daftar tanaman yang dapat digunakan sebagai antibiotik.

1. Bawang Putih

Bawang putih sudah sejak lama digunakan sebagai antibakteri. Bahkan pada saat perang dunia ke II bawang putih digunakan sebagai pengganti antibiotik penicilin. Bawang putih bahkan telah dipertimbangkan untuk digunakan melawan TB yang resistan terhadap berbagai jenis obat .

2. Jus Lemon

Sifat antibakteri, antivirus dan kandungan vitamin C pada jus lemon dapat mengatasi berbagai infeksi bakteri. Selain itu, kandungan gula dalam lemon juga sangat rendah dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga lebih efektif menjaga tubuh dari pathogen asing.

3. Cengkeh

Selain dikenal sebagai pereda rasa nyeri pada gigi, tanaman obat ini memilik berbagai macam khasiat lain seperti mengatasi beberapa gangguan bakteri yang tidak biasa diatasi obat-obatan antibiotik pada umumnya. Kandungan lain cengkeh adalah sebagai zat antijamur dan antivirus.

4. Madu

Madu telah menjadi obat utama bagi mereka yang sulit menyembuhkan luka, seperti ulkus kaki diabetes, luka bakar, bahkan luka dengan gangrene. Ini membunuh bakteri resisten terhadap antibiotik lain dan benar-benar menyembuhkan jaringan, merawat kulit kembali sehat. Tidak hanya itu, tetapi dapat menghilangkan rasa sakit.

Meschwitz berujar bahwa madu menggunakan kombinasi senyawa – senyawa seperti polyphenols, hydrogen peroxide serta melibatkan reaksi osmosis. Kombinasi tersebut membuat madu tergolong efektif sebagai pembunuh bakteri – bakteri jahat.

Madu membunuh bakteri – bakteri jahat dengan cara tidak memberi mereka kesempatan untuk menggandakan diri atau berkembang biak.Para profesional kesehatan saat ini merasa terbantu dalam mengobati luka kronis, luka bakar, dan bisul.

5. Jahe

Jahe adalah antibiotik alami yang baik untuk melawan patogen yang ditularkan melalui makanan seperti salmonella.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan