Mengkhawatirkan! Siang Ini Dollar AS Tembus Rp 15.000

Primaberita.com – Dollar AS akhirnya menembus level Rp 15.000 pada siang ini (2/10/2018) pukul 11.35 WIB. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, hal itu di karenakan kondisi global.

Ia memaparkan mulai dari kenaikan suku bunga acuan AS, kebijakan moneter The Fed, hingga pengaruh perang dagang AS. Akibat berbagai kebijakan dari AS tersebut membuat peredaran mata uang dolar AS jadi terbatas.

Hal ini yang terjadi di Indonesia dan menyebabkan pasokan dolar AS di dalam negeri menjadi berkurang. Terlebih, tingkat ekspor Indonesia saat ini masih lebih rendah dibandingkan impor, atau defisit.

Sementara itu, salah satu ekonom Bank Permata Josua Pardede mengungkapkan penyebab nilai Dollar AS tembus di angka Rp 15.000 karena adanya sentimen global seperti meningkatnya imbal hasil US Treasury Bond pada akhir pekan lalu.

“Kita tahu dari Jumat lalu itu imbal hasil surat utang AS naik hampir 4 basis poin, lalu ditambah lagi dengan harga minyak dunia yang terus naik sekarang ada di kisaran US$ 85 naiknya tinggi sekali dari US$ 75,” ujar Josua.

Lebih jauh ia membeberkan dua sentimen eksternal tersebut memicu dolar AS semakin kuat. Sementara dari dalam negeri defisit neraca transaksi berjalan Indonesia juga menjadi penyebab yang cukup berpengaruh. Saat ini Indonesia memang sebagai net oil imported.

“Ini sangat berdampak dan akan terus naik dolar AS-nya dan akan pengaruh  ke Rupiah, memang negara lain di Asia juga alami pelemahan. Tapi rupiah paling lemah,” tutup Josua.

 

Add a Comment