Kenali Tanda Kanker Payudara yang Perlu Wanita Waspadai

Primaberita.com – Kanker Payudara merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti perempuan. Karena itu, penting sekali untuk melakukan deteksi sedari dini untuk mengetahuinya. Tetapi sayangnya, kebanyakan perempuan hanya mendeteksinya dengan mencari benjolan di sekitar payudara saja. Meskipun benjolan memang merupakan gejala yang paling umum dari kanker, tetapi itu bukanlah satu-satunya gejala kanker payudara.

The National Cancer Institute memperkirakan bahwa lebih dari 190.000 perempuan akan didiagnosis dengan kanker payudara setiap tahunnya. Bahkan menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO),satu dari delapan perempuan akan memiliki kanker payudara dalam hidupnya.

Di Indonesia sendiri jumlah pasien yang datang memeriksakan diri ke rumah sakit semakin muda, yakni di rentang usia 25 hingga 35 tahun. Bahkan sebagian besar diantaranya sudah dalam keadaan stadium lanjut.

Oleh karena itu penting untuk mengidentifikasi kanker payudara sejak dini karena dapat meningkatkan harapan hidup pasien.

1. Tekstur kulit di payudara berubah, muncul kerutan kasar seperti kulit jeruk

Selain benjolan, gejala kanker payudara dapat dilihat dari tekstur kulit disekitar payudara yang berubah. Kulit payudara yang sudah terkena kanker akan terlihat seperti kulit jeruk. Pori-pori kulit terlihat jelas. Kulit payudara pun berubah menjadi kemerahan, puting atau kulit payudara mengelupas, payudara mengeras, dan terdapat cekungan seperti lesung pipi.

2. Perubahan pada puting

Payudara yang terjangkit kanker bisa dilihat juga dari perubahan putingnya. Mulai dari puting yang masuk ke dalam, menebal, dan mengeluarkan cairan. Cairan yang keluar dari puting biasanya cairan bening hingga darah.

3. Perubahan bentuk ukuran payudara

Pada umumnya, perbedaan ukuran hingga 20 persen antara payudara kanan dan kiri tergolong normal. Namun, jika Anda merasa salah satu payudara Anda lebih besar dari biasanya. Ini merupakan hal yang perlu untuk diwaspadai.

4. Perubahan kandung kemih atau usus

Tak hanya menimbulkan tanda-tanda perubahan pada area payudara, jenis kanker yang satu ini juga dapat dapat menyebabkan perubahan hormonal yang mengeringkan uretra dan membuatnya sulit untuk mengontrol kandung kemih. Kondisi ini dikenal sebagai inkontinensia. Alhasil, jika Anda mengalami masalah buang air besar yang tidak teratur, diare atau sembelit tanpa alasan yang jelas baiknya Anda berhati-hati. Ini merupakan salah satu tanda-tanda dari kanker payudara.

5. Nyeri punggung dan leher yang tidak dapat dijelaskan

Jenis rasa sakit ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Ini mungkin membingungkan wanita yang berpikir rasa sakit saat serangan jantung akan terfokus pada dada dan lengan kiri, bukan punggung atau rahang.

Sakitnya dapat terjadi secara bertahap atau tiba-tiba, dan mungkin akan perlahan hilang sebelum tiba-tiba menjadi intens. Jika Anda sedang tidur, serangan ini bisa membangunkan Anda. Anda harus melaporkan setiap gejala yang tidak biasa atau tidak dapat dijelaskan, yang terjadi pada bagian manapun dari tubuh Anda yang di atas pinggang, dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan lainnya, kata ahli jantung C. Noel Bairey Merz, MD, direktur Barbra Streisand Women Heart Center di Cedars- Sinai Medical Center di Los Angeles.

Add a Comment