Ternyata Roti Gandum Itu Tidak Sehat! Ini Roti yang Sehat

PrimaBerita – Ada beberapa jenis roti yang mengandung protein tinggi sehingga dinyatakan sebagai pilihan sehat. Ada pula roti kaya serat sehingga baik bagi saluran cerna. Ternyata roti gandum sama seperti roti putih lainnya, yaitu rendah serat, tinggi karbohidrat, dan gula.

Untuk menemukan roti terbaik, ahli nutrisi dan diet Lisa Richards memperingatkan untuk tidak asal membeli roti putih. “Roti tersebut diproses dan terbuat dari tepung yang memicu kenaikan glukosa dan menimbulkan peradangan,” katanya.

Jenis Roti

Gandum utuh

Gandum dipercaya memiliki banyak nutrisi. Menurut Dr. William Li, penulis Eat to Beat Disease, rutin makan gandum dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. “Berdasarkan penelitian laboratorium, nutrisi dalam roti gandum utuh dapat membantu melindungi sel-sel induk yang diperlukan untuk meregenerasi organ dan mengurangi pertumbuhan pembuluh darah,” jelas Li.

Roti gandum

“Roti gandum menipu banyak orang karena roti ini seakan-akan sama dengan roti 100 persen gandum utuh,” kata Richards. Padahal, roti ini sama seperti roti putih lainnya, yaitu rendah serat, tinggi karbohidrat, dan gula.

Roti jagung tortilla

Menurut Richard, roti tortilla tak menawarkan banyak vitamin, mineral, dan serat. “Roti ini mendapat peringkat tinggi karena sifatnya yang bebas gluten,” katanya. Itu sebabnya, agar bergizi tortilla perlu disajikan bersama sayur-sayuran yang kaya serat.

Roti yehezkiel

Roti ini menjadi salah satu roti paling sehat karena memiliki sedikit rasa dan tinggi protein. “Roti ini juga menawarkan natrium rendah dan protein tinggi serta banyak serat dibanding roti lain,” kata Jana Mowrer, ahli gizi dan diabetes.

Baca juga: Rahasia Mengolah Ayam Menjadi Empuk dan Gurih Tanpa Ribet

Add a Comment