Siapa Yang Bakal Peroleh Kartu Pra Kerja? Anda Termasuk?

PrimaBerita – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah mengalokasikan anggaran senilai Rp 10,3 triliun tahun depan untuk mengakomodasi rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan kartu pra kerja.

Penjelasan Suahasil

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suahasil Nazara mengatakan, kebijakan ini digulirkan agar pihak yang membutuhkan bisa mengejar ketertinggalannya serta sebagai jaring pengaman sosial. Program yang digadang-gadang sekaligus menjadi pro-kontra dalam kampanye Jokowi ini diharapkan dapat menjadi jawaban atas masalah pengangguran di Indonesia.

“Untuk mengejar dalam pengertian, ketika lulusan sekolah tamatan SMA ingin kerja, merasa tidak cukup untuk kualifikasi kerja, tanpa pengalaman, mereka bisa ikut pelatihan pra-kerja. Jadi mereka tamatan SMA plus kursus tertentu,” kata Suahasil

Suahasil menerangkan, pemerintah bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat yang tidak sepenuhnya menikmati percepatan pembangunan seperti dialami masyarakat miskin. Adapun bentuk perlindungan sosial lain yang sudah diberikan pemerintah adalah asuransi kesehatan melalui BPJS.

Baca juga: Pengen Six Pack? Jangan Lakukan Sit Up

Add a Comment