Tips Menghilangkan Stres Karena Terlalu Lama di Rumah

tips menghilangkan stres

PrimaBerita – Setiap orang pasti mengalami stres, apalagi pada masa pandemi ini yang tidak bisa pergi untuk berwisata. Namun tenang saja, anda bisa melakukan tips menghilangkan stres ini karena telalu lama di rumah.

Stres merupakan kondisi yang sangat umum terjadi. Dalam kondisi normal, stres bisa memberikan dampak positif, misalnya membantu Anda bekerja lebih cepat ketika harus menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktu.

Karena lonjakan Covid-19 mengakibatkan sebagian roang harus berada dalam rumah, tentu pada sebagian orang membuat stres. Meskipun baik untuk menekan angka penyebaran COVID-19, tetapi harus diakui bahwa terlalu lama beraktivitas di rumah membuat bosan dan stres.

Berikut Tips Menghilangkan Stres Karena Terlalu Lama di Rumah :

Buat rutinitas

Saat berada dalam rumah hal yang membuat stres dan bosan adalah bingung ingin melakukan apa saja ata jadwal kerja dan aktivitas lainnya menajdi tidak teratur. Untuk itu anda perlu mengatur jadwal untuk bekerja sehingga anda dapat lebih fokus pada pekerjaan.

Agar anda fokus lakukan hal-hal seperti berikut ini.

  • Mengatur alarm dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.
  • Buat ritual pagi, seperti menghirup udara segar sekitar rumah, meluangkan beberapa saat untuk meregangkan tubuh, atau bersantai sambil menikmati kopi atau teh pada pagi hari.
  • Tetapkan waktu makan siang yang sama dan jauhi semua pekerjaan sepenuhnya;
  • Tandai akhir hari kerja, seperti membereskan bahan kerja dan meletakkannya jauh-jauh dari pandangan, berjalan-jalan sore sekitar rumah, atau mandi.

Perawatan

Melakukanperawatan dalam rumah merupakan hal yang penting, selian menghilangkan rasa bosan juga bisa menjaga kesehatan mental anda. Luangkan waktu untuk mencari tahu cara terbaik untuk menjaga diri sendiri dan memenuhi kebutuhan. Beberapa cara mempraktikkannya ialah :

  • Olahraga,
  • meditasi,
  • yoga,
  • membaca saat waktu luang,
  • tidur siang,
  • menonton film,
    menghabiskan waktu bersama keluarga.

Ubah lingkungan Anda

Misalnya, jika anda terbiasa bekerja dalam kamar, anda bisa pindah ke ruang tamu agar tidak bosan.  Atau, pindahkan meja kerja anda dekat jendela agar tetap dapat menghirup udara luar dan memandang ke luar untuk menyegarkan mata.

Perubahan lingkungan ini akan membantu kamu fokus pada sesuatu yang berbeda. Jika anda memiliki halaman, pergilah ke sana untuk mencari udara segar atau berjalan-jalan untuk menjaga aliran darah tetap lancar.

Bergerak di sekitar rumah

Sedikitnya lima menit berolahraga sudah cukup untuk mengurangi perasaan stres dan frustrasi. Anda bisa berjalan sekitar rumah, melakukan rutinitas yoga 10 menit, menari, atau apa pun.

Kuncinya hanya bergerak. Gerakan tidak hanya akan membantu mengurangi stres, tetapi juga membantu mencegah kekakuan, sakit kepala, dan mata tegang. Ini juga memastikan kamu menjauh dari layar HP dan laptop untuk setidaknya sebentar setiap hari.

Istirahat yang cukup

Tanpa tidur yang cukup, ini akan membuat kamu tidak bersemangat, mudah tersinggung, dan rentan terhadap stres. Juga, jauhi layar HP atau laptop pada malam hari karena dapat mengubah pola tidur dan membuat kamu sulit untuk tertidur.

Pastikan untuk memprioritaskan bersantai pada malam hari dan mempraktikkan kebersihan tidur yang baik. Esok harinya, kamu akan bisa bangun pagi dan memiliki energi dan semangat untuk beraktivitas.

Add a Comment