Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh Tanpa Tanah, Cocok di Rumah

PrimaBerita – Saat ini tanaman hias sudah menjadi hobi yang populer, selain bisa anda jual, juga bisa memperindah ruangan ataupun pekarang rumah anda. Jika anda ingin meletakkan tanaman hias dalam rumah, tanaman hias yang bisa tumbuh tanpa tanah ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda.

Ada berbagai jenis tanaman hias, mulai dari warnanya yang menarik, berdaun yang lebat atau merambat dan masih banyak lagi. Namun tidak semua tanaman hias bisa tumbuh tanpa tanah, hanya ada beberapa saja. Media yang bisa menggantikan tanah adalah air dan arang.

Berikut Tanaman Hias Ini Bisa Tumbuh Tanpa Tanah :

Kaktus

Tanaman hias yang satu ini berasal dari daerah yang kering dan tandus sehingga membuatnya mudah tumbuh pada media apapun. Anda bisa menggunakan pasir atau kerikil sebagai media tanam kaktus. Menggunakan dua media tanam ini, membuat kaktus cocok untuk anda letakkan dalam ruangan karena lebih bersih.

Bambu Hoki

Tanaman hias yang satu ini bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Selain itu, tanaman ini juga mudah sekali dalam hal perawatannya. Tanpa tanah, anda bisa mencampurkan gambut, pasir dan tanah saja. Juga bisa pada media kerikil yang telah bercampur air.

Lidah Buaya

Sama seperti bambu hoki, lidah buaya tetap dapat tumbuh optimal pada media tanam campuran kerikil dengan air. Cocok untuk anda letakan dalam pot sebagai hiasan dalam ruangan.

Anggrek

Selain estetik, tanaman bunga anggrek juga tidak akan mengotori ruangan karena media tanamnya bisa bukan berupa tanah. Anda bisa menggunakan pecahan batu bata, arang, serutan kayu dan genteng sebagai media tanamnya. Saat menyiram, gunakan semprotan sehingga air tidak berlebihan membasahi tanaman ini.

Sri Rejeki

Tanaman sri rejeki atau aglaonema menjadi favorit pencinta tanaman hias karena mudah dalam perawatannya. Tanaman ini dapat tumbuh subur di mana pun, termasuk jika hanya menggunakan media tanam air.

Anda bisa menanamnya dalam botol dan pastikan semua akarnya terendam air. Jangan lupa untuk mengganti airnya dua minggu sekali untuk menghilangkan jentik nyamuk dan membersihkan lumut yang menempel pada botol.

Tillandsia

Tanaman udara yang satu ini tidak memerlukan media tanam apapun alias hanya membutuhkan udara dan wadah, seperti botol atau pot. Meski bisa tumbuh subur tanpa media tanam, anda juga  perlu memperhatikannya. Pastikan tanaman ini mendapatkan air dan sinar matahari yang cukup.

Bromeliad

Berasal dari kawasan tropis, bromeliad membutuhkan sinar matahari yang cukup dan tetap dapat berkembang dengan baik pada tempat yang teduh. Sesekali beri air agar tanaman ini tidak kering.

Marimo

Bentuknya yang bulat sempurna dan warna hijau cerahnya membuat tanaman ini cocok sebagai hiasan ruangan. Marimo biasanya digunakan oleh para pencinta ikan sebagai tempat makanan ikan. Namun belakangan, marimo juga banyak yang membudidayakannya sebagai tanaman hias.

Tanaman ini dapat tumbuh melalui media tanam batu kerikil dan seluruh bagiannya terendam sempurna dengan air.

Bunga Bakung

Tanaman ini menjadi favorit karena perawatannya yang mudah dan tidak membuat kotor ruangan. Bunga bakung dapat hidup tanpa tanah. Anda hanya perlu menanamnya pada bebatuan kerikil dengan cukup air.

Paku Gunung

Anda dapat menanam tanaman paku gunung tanpa tanah hanya perlu air dalam botol sebagai media tanam paku gunung.

Add a Comment