Sereh Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi, Benarkah?

sereh ampuh menurunkan kolesterol

PrimaBeritaKolesterol memiliki peran pentring dalam tubuh, namun apabila kadarnya berlebihan maka bisa memicu penyakit yang mengerikan. Sehingga banyak orang menganggap bahwa kolesterol merupakan senyawa jahat.  Jika kolesterol anda tinggi, ada baiknya menerapkan pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi makan-makanan yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Banyak yang mengatakan bahwa sereh ampuh menurunkan kolesterol, benarkah hal demikian?.

Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang biasanya banyak orang gunakan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Dalam bahasa inggris memiliki istilah Lemongrass, sekilas mirip dengan tanaman daun bawang.

Kolesterol sendiri adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya.

Sereh Ampuh Menurunkan Kolesterol?

Pada dasarnya secara tradisional menggunakan sereh untuk mengobati kolesterol tinggi dan mengelola penyakit jantung. Sebuah studi yang berjudul “Hypocholesterolemic effect of ethanolic extract of fresh leaves of Cymbopogon citratus (lemongrass)” yang African Journal of Biotechnology publikasikan.

Menurut studi tersebut, minyak serai secara signifikan mengurangi kadar kolesterol pada tikus yang telah diberi diet kolesterol tinggi selama 14 hari. Namun, reaksi tersebut bergantung dari dosis yang mereka berikan. Artinya, efek daun serai untuk menurunkan kolesterol bisa berubah ketika dosis daun serai berubah.

Efek hipokolesterolemia ekstrak etanol daun segar Cymbopogon citratus (serai) diteliti menggunakan tikus albino. Dengan hasil, peningkatan konsentrasi kolesterol (pada tikus albino) turun secara signifikan. Hal ini yang membuat sereh dapat untuk mengelola penyakit jantung.

Dalam studi berjudul “Scientific basis for the therapeutic use of Cymbopogon citratus, stapf (Lemon grass)” pada Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research mengatakan, ekstrak minyak serai membantu menurunkan kolesterol pada hewan.

Namun, menurut para ahli masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan kemanjuran sereh dalam menurunkan kadar kolesterol tubuh.

Kemudian, jika anda memiliki kondisi berikut ini, sebaiknya rutin untuk cek kolesterol anda :

  • Memiliki riwayat keluarga dengan penyakit arteri koroner
  • Mengidap obesitas, diabetes, atau hipertensi.
  • Menerapkan pola makan tinggi lemak.
  • Jarang berolahraga dan pola makan yang tidak sehat.

Add a Comment