Gejala Asam Lambung Kronis yang Harus Anda Pahami

Gejala Asam Lambung Kronis

PrimaBerita – Saat pekerjaan sedang banyak-banyaknya, masalah asam lambung tentu akan sangat mengganggu.  Jika masalah ini sudah sering terjadi waspadai gejala asam lambung kronis yang harus anda pahami. Agar masalah dapat segera terdiagnosis.

Penyakit asam lambung kronis atau penyakit refluks gastroesofagus (GERD), adalah kondisi yang terjadi akibat asam dalam perut terus-menerus naik kembali ke kerongkongan, tabung yang menghubungkan tenggorokan dan perut. Hal ini terjadi karena katup sfingter esofagus bagian bawah yang berada pada ujung tenggorokan tidak menutup dengan benar saat makanan tiba dalam perut.

Refluks asam terjadi pada hampir semua orang pada suatu kesempatan selama hidupnya. Faktanya, mengalami asam lambung yang naik adalah hal yang normal, tetapi jika terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu dan bertahan selama beberapa minggu meski telah minum obat, maka anda mengalami asam lambung kronis atau GERD.

Berikut Gejala Asam Lambung Kronis yang Harus Anda Pahami

Perasaan Mulas

Jika anda merasa mulas yang menimbulkan rasa sakit atau terbakar lalu dapat naik dari perut hingga ke dada. Perasaan sakit ini juga dapat berpindah ke tenggorokan. Meski begitu, gangguan ini tidak dapat memengaruhi jantung, tetapi harus segera anda obati.

Regurgitasi

Pertanda lainnya dari asam lambung yang kronis adalah regurgitasi, yaitu sensasi asam yang naik ke tenggorokan atau mulut. Gejala ini dapat menghasilkan rasa asam atau pahit, serta menimbulkan sendawa yang agak terasa basah di tenggorokan.

Dispepsia

Banyak orang dengan penyakit asam lambung kronis atau GERD mengalami sindrom yang disebut dispepsia. Masalah ini adalah istilah umum yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut, beberapa tanda jika anda mengalami masalah ini, yaitu:

  • Bersendawa;
  • Merasa mual setelah makan;
  • Perut yang penuh atau kembung;
  • Perasaan sakit pada perut bagian atas dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Semua pertanda ini mungkin terjadi karena asam lambung telah menimbulkan radang pada kerongkongan. Saat terjadi, asam lambung dapat merusak lapisan kerongkongan bahkan menimbulkan perdarahan jika tidak segera anda obati. Masalah ini dapat mengubah sel-sel pada kerongkongan dan menyebabkan kanker jika tidak anda obati.

Meskipun refluks asam sangat umum dan jarang menimbulkan masalah yang serius, tetapi jangan pernah abaikan segala gejala yang berhubungan dengan asam lambung kronis.

Add a Comment