Cara Praktis Membuat Ketupat Lebaran

cara membuat ketupat lebaran

PrimaBerita – Menjelang hari lebaran, berbagai macam hal pastinya akan dipersiapkan termasuk cara membuat ketupat lebaran yang bertekstur kenyal dan wangi. Pasalnya ketupat identik sekali dengan hari besar umat muslim. Ketupat bahkan seolah menjadi hidangan wajib saat idul fitri atau lebaran.

Ketupat sendiri terbuat dari beras yang terbungkus dari pelepah yang membentuk anyaman kubus. Untuk memudahkan orang-orang yang ingin membuat hidangan ketupat, pedagang biasanya tidak hanya menjual bahan-bahan membuat ketupat saja melainkan juga menjual sarang ketupat. Sarang ketupat inilah nantinya yang diisi dengan beras.

Lazimnya ketupat idul fitri disantap bersama sayur pelengkap atau lontong, namun begitupun ketupat sebenarnya bisa dimakan begitu saja. Jadi apakah anda tertarik untuk membuat ketupat sendiri untuk anda hidangkan saat hari raya?

Berikut ini terdapat resep membuat ketupat lebaran anti gagal.

Cara Membuat Ketupat Lebaran

  1. Sediakan Bahan-bahan

Bahan-bahan yang perlu anda sediakan meliputi ½ kg gram beras, 9 buah sarang ketupat, dan garam secukupnya.

  1. Langkah Menyiapkan Bahan

Cuci beras yang sudah anda siapkan tadi hingga benar-benar bersih. Jika anda sudah mendapati air cucian beras berwarna kuning maka tiriskan beras anda. Letakkan ke dalam sebuah wadah dan biarkan sebentar saat anda melakukan proses selanjutnya.

Kemudian ambil sarang ketupat, tarik setiap anyaman untuk mengencangkannya. Hal ini penting anda lakukan agar ketupat berwarna putih mulus tanpa ada garis-garis kecokelatan. Sesudah itu buka bagian ujung sarang atau selongsor ketupat. Geser ke arah bawah sampai terbuka.

  1. Cara Memasak Ketupat

Selanjutnya, masukkan beras yang sudah anda cuci tadi. Campur dengan garam hingga 60% dari volume sarang ketupat. Kerat bagian tengah anyaman terakhir dan selipkan ujung daun janur sampai keduanya dapat bertemu. Isi semua sarang ketupat sampai habis.

Jika sudah mengisi semuanya satu per satu maka siapkan panci berukuran besar untuk merebus ketupat. Isi panci dengan air lalu rebus sampai mendidih. Saat mendidih, masukkan ketupat. Tunggulah hingga matang atau kurang lebih selama 3 jam. Pastikan tingkat kematangan ketupat dengan baik.

Add a Comment