Pertolongan Pertama Angin Duduk yang Penting Diketahui

pertolongan pertama angin duduk

PrimaBerita –ย Angin duduk merupakan istilah umum untuk mendefinisikan angina pectrosis. Saat seseorang mengalami angin duduk ada baiknya anda mengetahui pertolongan pertama untuknya sebelum terlambat.

Melansir dari The American Journal of Medicine, penyakit ini merupakan gejala nyeri dada karena kurangnya asupan oksigen dan darah menuju jantung. Hal ini menyebabkan aliran darah menuju jantung terhambat.

Gejala angin duduk mirip dengan orang yang terkena penyakit jantung koroner. Hal ini biasanya terjadi saat seseorang memiliki masalah kolesterol tinggi dalam darah atau ada pembentukan plak jantung. Perlu penanganan dan terapi secara teratur untuk menghindari dan menangani angin duduk.

Beberapa gejala angin duduk yang biasanya seseorang alami, yaitu:

  • Nyeri bagian dada, biasanya di area bawah payudara. Dada seperti ada yang menekan, meremas, dan hendak menghancurkan (seperti ditusuk) organ di dalamnya.
  • Nyeri yang bisa saja menjalar di punggung atas, kedua lengan, leher, hingga telinga
  • Nyeri dada yang menjalar hingga ke tangan, pundak, rahang, leher, hingga punggung
  • Napas terasa berat dan pendek-pendek
  • Tubuh terasa lemah
  • Tubuh terasa lelah dan penat
  • Mual
  • Tubuh berkeringat dingin
  • Pusing

Beberapa faktor yang menjadi penyebab gejala ini adalah jenis kelamin, usia, orang dengan riwayat diabetes, riwayat penyakit jantung, stres dan cemas berlebihan. kebiasaan merokok, alkohol dan malas berolahraga.

Berikut Pertolongan Pertama Angin Duduk :

Hentikan Semua Kegiatan

Hentikan semua kegiatan dan duduklah dengan rileks. Posisi terbaik adalah dengan duduk pada lantai dengan kaki tekuk setengah, kemudian sesorang harus menopang kepala dan pundak. Pada bagian belakang kepala dan bawah lutut letakkan bantal untuk menyangga.

Batuk Sekuat Tenaga

Ketika gejala angina pektoris mulai menyerang, lakukan batuk sekuat tenaga dan sekencang-kencangnya. Ambil napas dalam-dalam dan batuk seperti saat ingin mengeluarkan dahak. Lakukan sambil duduk seperti pada poin yang pertama.

Lakukan gerakan batuk sekuat tenaga setiap dua detik sekali. Gerakan batuk sekuat tenaga ini akan membantu melancarkan aliran darah dan oksigen ke jantung.

Tak hanya itu saja, batuk sekuat tenaga saat mengalami angin duduk juga akan membantu jantung menekan jalur aliran darah ke luar dan kembali lagi menjadi lebih lancar.

Tanyakan Obat Khusus Angina Pektoris

Tanyakan kepada orang yang terkena angin duduk apakah ia memiliki obat tertentu untuk ia konsumsi secara oral atau melalui semprotan (spray). Jika ya, bantu orang tersebut untuk cepat mengonsumsinya.

Gunakan Air Hangat

Air hangat dapat membantu merilekskan otot pada bawah dada. Gunakan botol yang bersisi air hangat, bungkus dengan handuk, tempelkan pada bawah dada.

Meletakkan botol air hangat pada telapak kaki juga dapat menjadi pertolongan pertama angin duduk sehingga orang yang mengalami angin duduk lebih relaks.

Gunakan Minyak Angin

Selain air hangat, minyak angin juga dapat anda gunakan sebagai pertolongan pertama angin duduk. Balurkan minyak angin ke punggung, dada, dan perut. Caranya ini dapat anda lakukan hampir sama dengan menangani masalah masuk angin.

Rasa hangat dari minyak angin akan membantu tubuh lebih relaks sehingga suplai darah dan oksigen ke jantung juga lebih lancar.

Evaluasi pada Lima Menit Selanjutnya

Saat angin duduk datang, ada baiknya selain melakukan pertolongan pertama angin duduk anda juga berkoordinasi dengan dokter. Akan lebih baik lagi jika orang tersebut segera anda bawa ke rumah sakit.

Cek kembali kondisi seseorang yang terkena angin duduk tersebut. Jika rasa nyeri datang kembali setelah lima menit selanjutnya, hampir dipastikan bahwa orang tersebut terkena serangan jantung.

Add a Comment