Perayaan Unik Jumat Agung dari Berbagai Negara

perayaan unik jumat agung

PrimaBerita – Sebelum menjumpai hari raya paskah ternyata ada perayaan unik saat jumat agung dari berbagai negara. Jumat agung atau good friday adalah hari jumat sebelum minggu paskah yang menjadi peringatan akan peristiwa penyaliban dan wafatnya Yesus Kristus di salib Golgata.

Selain saling mengirimkan ucapan selamat jumat agung, orang-orang Kristen biasanya akan pergi beribadah ke gereja.

Sementara itu bentuk perayaan jumat agung (good friday) juga berbeda-beda bagi setiap negara. Pada negara tertentu, ritual saat jumat agung memiliki keunikannya tersendiri. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini perayaan unik jumat agung dari berbagai negara.

Yerusalem

Menurut alkitab, Yerusalem adalah tempat penyaliban Yesus terjadi. Jadi cukup masuk akal jika jumat agung menjadi hari libur yang sangat spiritual dan ritualistik untuk kota ini. Tradisinya, banyak dari mereka membawa salib untuk menelusuri kembali langkah-langkah Yesus hingga menuju tiang salib. Rute ke arah Golgota juga terkenal sebagai tempat tengkorak.

Italia

Roma, Italia, memiliki sebutan ‘Venerdi Santo’ sebelum paskah. Banyak dari mereka yang memilih untuk berpuasa atau makan makanan yang hanya terdiri dari ikan untuk mengekspresikan hari berkabung gereja katolik. Setiap patung maupun salib dalam gereja juga mereka tutupi dengan kain hitam dan ungu. Dan acara jumat agung terbesar Roma yaitu Jalan Salib atau Stasiun Salib. Paus yang memimpin langsung prosesi obor yang khidmat.

Inggris

Negara Inggris memiliki London Trafalgar Square yang menampilkan permainan udara secara terbuka dan gratis setiap tahun saat jumat agung. Kemudian The Passion of Jesus dilakukan oleh aktor-aktor Kristen yang membawa audiensi mereka dalam kisah perjalanan Yesus. Mulai dari penangkapan Yesus hingga peristiwa kebangkitannya pada hari paskah.

Amerika Tengah

Negara-negara Amerika Tengah seperti El Salvador, Honduras dan Guatemala menggunakan seni untuk merayakan jumat agung. Jalanan akan penuh Alfombras, sebuah permadani yang terbuat menggunakan serbuk gergaji warna-warni dan juga menggambarkan agama atau alam. Untuk mendapatkan keindahannya maka orang-orang harus mengamati sebelum prosesi jumat agung.

Jamaika

Pemandangan yang berbeda terlihat pada negara ini. Orang-orang Jamaika biasanya menggunakan telur untuk perayaan jumat agung. Telur dalam tradisi akan mereka pecahkan lalu memisahkan putih dan kuningnya. Lantas sebelum matahari terbit, mereka juga akan menuangkan putih telur ke dalam segelas air. Saat panas matahari muncul menghangatkan gelas maka pola akan terbentuk dari telur.

Add a Comment