Pasti Berhasil, Begini Cara Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus

cara mengembalikan foto WhatsApp

PrimaBerita – WhatsApp merupakan aplikasi untuk mengirim pesan baik itu dalam bentuk gambar, audio, video ataupun document. Ketika foto WhatsApp anda terhapus secara tidak sengaja, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan foto WhatsApp yang terhapus.

plikasi perangkat lunak adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.

WhatsApp memiliki fitur “Delete for Me” yang memungkinkan pengguna untuk menghapus file. Dengannya, anda bisa meniadakan foto dan media lain yang tidak penting agar memori tidak penuh. Namun jika tidak sengaja anda hapus, masih bisa untuk mengembalikannya.

Berikut Cara Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus

Dapatkan dari file backup WhatsApp

Pada umumnya file yang terhapus tersimpan dalam Google Drive jika anda menggunakan smartphone Android dan iCloud jika menggunakan perangkat iOS.

Pastikan terlebih dahulu bahwa anda pengguna yang aktif melakukan backup. Jika anda memenuhi syarat tersebut, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  • Masuklah ke Settings > Chats > Chat Backup
  • Anda akan menerima informasi mengenai waktu terakhir backup WhatsApp. Jika foto yang terhapus berada padakurun waktu tersebut, silakan uninstall aplikasi anda.
  • Install kembali aplikasi dan log in seperti biasanya;
  • Ketika ada notifikasi untuk restore data melalui backup, pilih ya dan klik Next;
  • Setelah proses restore selesai, kemungkinan besar foto anda akan kembali.

Cari foto pada folder media WhatsApp

Sering kali, foto atau media lain yang terhapus pada aplikasi masih tersimpan di dalam smartphone. Tepatnya dalam folder media WhatsApp. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mencoba mencari file tersebut di sana.

Caranya adalah masuk ke dalam Files kemudian pilih penyimpanan internal smartphone kamu. Setelah itu, klik WhatsApp > Media > WhatsApp Images. Coba cari foto yang anda hilangkan secara teliti. Jika anda menemukannya, segera simpan ulang atau salin ke folder yang lebih aman.

Mengembalikan foto yang terhapus melalui Google Drive

Berikutnya, kamu juga bisa mengembalikan foto yang terhapus melalui Google Drive. Namun perlu diingat bahwa cara yang satu ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna smartphone Android, ya. Berikut ini langkah yang harus kamu coba:

  • Masuklah ke Google Drive melalui browser atau aplikasi;
  • Masuk ke Trash atau Sampah yang ada pada menu bagian kiri;
  • Foto dan media yang pernah anda hapus dari WhatsApp kemungkinan besar muncul. Sebab Google Drive merupakan tempat backup WhatsApp untuk Android;
  • Pilih file yang anda inginkan, kemudian pilih Restore atau Pulihkan.

Gunakan WhatsRemoved+

Dalam kasus ini, aplikasi yang telah andahapus oleh pengirimnya hingga mengembalikan foto yang hilang.

Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menggunakannya:

  • Download WhatsRemoved+ di Google Play Store;
  • Install dan berikan izin untuk mengakses WhatsApp;
  • Pilih opsi Save Files dan klik Allow;
  • Semua salinan foto, file, dan chat dari WhatsApp akan tersimpan dalam aplikasi ini. Bahkan yang telah terhapus sekalipun

Minta foto kepada orang yang terlibat

Semuanya bergantung pada perangkat yang anda gunakan dan intensitas setiap orang untuk melakukan backup. Jika tak ada satu pun cara yang bekerja untuk anda, ini merupakan alternatif terakhir yang bisa anda lakukan.

Anda sebaiknya meminta foto tersebut kepada orang yang terlibat dalam percakapan anda dalam WhatsApp. Sebab kemungkinan besar, file tersebut telah tersimpan atau setidaknya bisa diakses di dalam media WhatsApp mereka.

Add a Comment