Cara Melancarkan Haid Agar Jadwalnya Kembali Teratur

Cara melancarkan haid

PrimaBerita – ย Cara melancarkan haid agar jadwalnya kembali teratur dimulai dari kebiasaan-kebiasaan yang sehat. Normalnya, haid (menstruasi) datang setiap 21 โ€“ 35 hari sekali. Nah jika jadwal haid anda tidak teratur maka perlu memperhatikan kembali kebiasaan anda.

Untuk melancarkan haid yang tidak teratur, cara penanganannya sangat bervariasi. Anda bisa mengonsumsi obat dari dokter hingga memperhatikan perubahan gaya hidup. Berikut pilihan cara yang bisa anda laksanakan.

  1. Istirahat yang Cukup

Stres pikiran bisa mengacaukan siklus datang bulan. Dari yang tadinya normal, kini bisa datang lebih cepat atau justru lebih lambat. Bahkan kondisi lain mungkin saja siklus menstruasi tidak datang sama sekali ketika sedang stres. Oleh karena itu obat paling ampuh untuk menghilangkan stres atau lelah fisik adalah istirahat. Tidur yang cukup membantu tubuh serta pikiran lebih rileks.

  1. Berlatih Yoga

Yoga termasuk sebagai cara efektif untuk melancarkan haid yang tidak teratur. Sebuah fakta dari hasil penelitian terbitan The Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa yoga membantu mengendalikan kadar hormon yang membuat haid tidak teratur. Manfaat ini telah dirasakan oleh peserta yang melaksanakan yoga selama 6 bulan secara teratur yakni 35 โ€“ 40 menit untuk 5 hari dalam seminggu.

  1. Terapi Hormon

Terapi hormonal dapat menjadi salah satu cara efektif melancarkan menstruasi (haid) yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon tubuh. Dalam terapi ini, seseorang akan memperoleh obat yang mengandung hormon estrogen dan progesteron dengan dosis tertentu. Kendati demikian biasanya terapi hormon seperti ini akan diberikan kepada wanita dengan siklus haid tidak teratur yang sampai membuat sulit hamil. Seperti obat-obatan pada umumnya, obat hormonal ternyata punya efek samping yang bervariasi misalnya mual, nyeri payudara, hingga menurunnya hasrat seksual.

  1. Mengganti Alat Kontrasepsi

Untuk orang yang sudah menikah, mungkin saat ini sedang menggunakan alat kontrasepsi. Melansir dari Hello Sehat, apabila seseorang memakai alat KB hormonal dan belakangan haid menjadi tidak teratur maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan mengganti jenisnya untuk anda gunakan.

  1. Mengonsumsi Obat-obatan Herbal

Meski belum banyak penelitian tentang obat-obatan herbal untuk melancarkan haid namun tidak ada salahnya mencoba rempah-rempah tertentu, seperti jahe, kunyit, dan kayu manis.

Add a Comment