Ada Berapa Bandara di Sumatera Utara? Ternyata Tak Hanya Kualanamu Aja

bandara di sumatera utara

PrimaBerita – Bandara yang berlokasi di wilayah Sumatera Utara ternyata tidak hanya bandara Kualanamu saja. Tetapi masih ada banyak bandara-bandara lainnya seperti di daerah Nias dan daerah Tapanuli.

Berbicara soal bandara, tentu fasilitas ini dapat menjadi akses yang lebih memudahkan orang-orang untuk bepergian ke suatu tempat yang jauh. Oleh karena itu simaklah bandara apa saja yang terdapat di sekitar wilayah Sumatera Utara.

Kualanamu International Airport (KNO) merupakan bandar udara yang dibangun di kabupaten Deli Serdang. Bandara ini menjadi bandara paling megah dan bandara terbesar ketiga bagi Indonesia. Letaknya tidak jauh dari pusat kota sehingga kendaraan apapun bisa mengakses ke lokasi bandara Kualanamu. Baik bus penumpang, taksi, hingga transportasi online.

  • Bandara Internasional Sisingamangaraja XII

Bandara ini dulu terkenal dengan nama Bandara Silangit yang peresmiannya oleh presiden SBY sejak tahun 2005. Peresmian bandara ini juga untuk mempromosikan serta meningkatkan wisatawan untuk berkunjung ke danau Toba dan Tapanuli lainnya.

  • Bandara Ferdinan Lumbantobing

Kabupaten Tapanuli Tengah juga memiliki bandar udara yang memudahkan akses perjalanan wisata, yakni bandara Dr. Ferdinan Lumbantobing. Sejumlah maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Wing, serta Citilink beroperasi pada beberapa rute penerbangan.

  • Bandara Aek Godang

Jika anda berkunjung hendak ke wilayah kabupaten Padang Lawas Utara maka akses tercepat dari kota Medan adalah dengan terbang ke bandara ini. Beberapa pesawat mendarat ke bandara Aek Godang seperti pesawat baling-baling ATR 72-600 milik Wings Air dan maskapai Citilink.

  • Bandara Sibisa

Bandara Sibisa sangat dengat sekali dengan Parapat yang menjadi kawasan wisata Danau Toba. Dari bandar udara ini anda bisa terbang menggunakan Susi Air, pesawat sejenis ATR, hingga private jet.

  • Bandara Binaka

Orang Nias tidak perlu lagi khawatir akan perhitungan waktu jika hendak berkunjung ke daerah Medan dan daerah lainnya. Begitu juga sebaliknya. Bandara Binaka bahkan kini sudah melayani penerbangan internasional.

  • Bandara Lasondre

Tidak hanya bandara Binaka, Nias juga masih memiliki bandar udara bernama bandara Lasondre. Jenis pesawat yang bisa mendarat yaitu pesawat kecil. Namun Wings Air, Lion, Garuda, Gatari Air Service, dan Susi Air turut melayani para penumpang.

Add a Comment