Wajib Tahu! Ini Cara Memperkuat Sinyal WiFi

cara memperkuat sinyal wifi

PrimaBerita – Cara memperkuat sinyal WiFi perlu anda ketahui. Karena dalam proses pemakaian WiFi belum tentu sinyal selalu aman alias tidak mengalami gangguan.

Apalagi dijaman sekarang ini yang sudah serba modern dan penuh teknologi, penggunaan gadget seperti smartphone atau laptop sering disambungkan dengan jaringan WiFi. Sementara itu sudah banyak pula rumah tangga yang menggunakan WiFi untuk kebutuhan akses pribadi mereka.

Tak memungkiri pula bahwa sinyal internet dari WiFi tidak selalu lancar terkoneksi. Sebab sinyal bisa saja tiba-tiba menurun atau bahkan hilang. Belum lagi jika ternyata sinyal WiFi tidak mampu menjangkau lokasi tertentu.

Nah jika anda menemukan WiFi yang lelet anda bisa melakukan 3 cara berikut untuk memperkuat sinyal WiFi.

Penguat sinyal wiFi (WiFi repeater) kini telah banyak menjadi solusi bagi banyak orang pemilik jaringan WiFi rumahan. Adapun fungsi dari alat ini yaitu untuk memperkuat sinyal WiFi dari router yang jaraknya cukup jauh dari kamar anda. Atau dengan kata lain penggunaan WiFi repeater ini dapat membagi sinyal secara seimbang.

Anda bisa meletakkan alat ini pada bagian ruang tengah. Untuk cara menggunakannya yaitu cukup anda sambungkan koneksi router utama ke WiFi repeater dengan menekan tombol WPS.

  • Atur Jarak Router dengan Barang Elektronik

Daya cakupan sinyal WiFi tentunya terbatas oleh karena itu cara agar sinyal tetap stabil yakni dengan mengatur jarak router dengan barang elektronik lainnya. Hal ini dapat membantu anda melancarkan sinyal.

Menurut beberapa sumber, salah satu barang elektronik yang dapat menjadi pengganggu kekuatan sinyal WiFi adalah microwave. Jadi sebaiknya anda bisa mengantisipasi hal ini. Router biasanya akan terletak pada sebuah meja tersendiri atau menggantungnya ke tembok.

  • Menggunakan Aplikasi

Cara lainnya yang bisa anda coba yaitu menggunakan aplikasi dari smartphone. Salah satu aplikasi tersebut berupa WiFi Manager dari sistem android. Aplikasi dapat membantu anda mengelola jaringan WiFi serta meningkatkan koneksi dengan kanal grafis. Terdapat pula fitur yang bisa anda gunakan untuk mengecek kecepatan sinyal WiFi yang tersambung ke perangkat smartphone.

Add a Comment