Jangan Abaikan !! Ini Tanda Munculnya Penyakit Jantung

tanda munculnya penyakit jantung

PrimaBerita – Jantung berfungsi memompa dan menyebarkan darah dengan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika tidak ada yang beres dengan jantung, maka anda harus mengetahui tanda munculnya penyakit jantung karena tidak semua penyakit jantung muncul dengan tanda yang jelas.

Bahkan gejala-gejalanya mungkin sering anda abaikan, jika anda tidak yakin, sebaiknya periksakan pada dokter. Terutama jika seseorang sudah berusia 60 tahun ke atas, memiliki kelebihan berat badan, atau memiliki diabetes, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. Semakin banyak faktor risiko, semakin seseorang perlu waspada dengan penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Berikut Tanda Munculnya Penyakit Jantung :

Rasa Tidak Nyaman pada Dada

Jika anda memiliki arteri yang tersumbat atau mengalami serangan jantung, mungkin terasa nyeri, sesak, atau tekanan pada dada. Perasaan tidak nyaman biasanya berlangsung lebih dari beberapa menit.

Hal ini bisa terjadi saat sedang beristirahat atau saat melakukan sesuatu yang bersifat fisik.

Mual, Gangguan Pencernaan, Mulas, atau Sakit Perut

Beberapa orang mengalami gejala ini saat serangan jantung. Wanita lebih mungkin mengeluhkan gejala ini daripada pria. Mungkin anda bisa mengalami sakit perut karena berbagai alasan yang tidak berhubungan dengan jantung.

Bisa jadi itu hanya reaksi dari suatu makanan. Namun, hal ini tetap perlu anda waspadai, karena bisa juga terjadi selama serangan jantung.

Nyeri yang Menyebar ke Lengan

Gejala serangan jantung lainnya, yaitu nyeri yang menjalar ke sisi kiri tubuh. Nyeri biasanya dimulai dari dada dan berkerak ke luar.

Merasa Pusing

Banyak hal yang bisa membuat seseorang kehilangan keseimbangan atau merasa lemas sejenak. Biasanya karena kurang makan atau minum, atau berdiri terlalu cepat.

Jika anda tiba-tiba merasa tidak stabil dan mengalami ketidaknyamanan pada dada atau sesak napas, sebaiknya segera hubungi dokter. Hal ini bisa menjadi tekanan darah turun karena jantung tidak dapat memompa sebagaimana mestinya.

Sakit Tenggorokan atau Rahang

Kemungkinan besar penyebab sakit tenggorokan atau rahang ini adalah masalah otot, flu, atau masalah sinus. Namun, jika anda mengalami nyeri atau tekanan pada bagian tengah dada yang menyebar hingga tenggorokan atau rahang, itu bisa menjadi tanda serangan jantung.

Kelelahan yang Ekstrem

Jika tiba-tiba merasa lelah atau kehabisan napas setelah melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak bermasalah, seperti menaiki tangga, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Jenis perubahan signifikan ini lebih penting daripada rasa sakit yang mungkin anda rasakan. Kelelahan ekstrem atau kelemahan yang tidak bisa anda jelaskan, terkadang selama berhari-hari, bisa menjadi gejala penyakit jantung. Terutama bagi wanita.

Mendengkur

Jika dengkuran luar biasa keras yang terdengar seperti terengah-engah atau tersedak bisa menjadi tanda sleep apnea. Yaitu saat seseorang berhenti bernapas sejenak beberapa kali pada malam hari saat masih tidur. Peristiwa ini memberi tekanan ekstra pada jantung.

Add a Comment