Ini Kebiasaan yang Berdampak Negatif pada Kesehatan Mental Anda

Kebiasaan yang Berdampak Negatif

PrimaBerita – Kesehatan mental merupakan hal yang untuk anda jaga. Ada baiknya anda mengetahui kebiasaan yang berdampak negatif kesehatan mental anda. Jika kesehatan mental terganggu maka dapat menimbulkan penyakit mental.

Peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak besar pada kepribadian dan sulit terlupakan sangat berpengaruh pada kesehatan mental. Kebiasaan buruk yang terus-menerus bisa berdampak pula.

Berikut Kebiasaan yang Berdampak Negatif pada Kesehatan Mental Anda

Kurang tidur

Jika anda kurang tidur, apalagi setiap hari, anda akan jadi grogi, cepat marah, hingga berdampak buruk pada kesehatan mental.

Menurut keterangan dari National Sleep Foundation, 60-90 persen orang dengan depresi yang diteliti ternyata mengalami sulit tidur atau insomnia setiap harinya.

Menurut Harvard Medical School, tidur yang cukup dapat meringankan depresi ataupun membuat mental anda lebih segar. Oleh karena itu, penting sekali untuk mempunyai waktu tidur yang cukup setiap harinya.

Kecanduan gadget

Penggunaan gadget secara bijak sangat anda perlukan. Karena, menurut riset dari Psychiatric News, bila sampai kecanduan, khususnya media sosial, anda bisa berisiko mengalami kecemasan dan depresi. Kecanduan gadget juga bisa menurunkan produktivitas anda.

Kurangnya Waktu Menyendiri

Terlalu sibuk beraktivitas baik bekerja, belajar, atau aktivitas harian lainnya bisa membuat Anda rentan mengalami gejala depresi dan mudah marah.

Anda bisa meluangkan waktu selama 15 menit menenangkan diri dengan melakukan aktivitas yang anda sukai sehingga pikiran anda segar kembali. Lakukan aktivitas me-time seperti membaca buku, melukis, merajut, menonton film, berendam air hangat, dan aktivitas menyenangkan lainnya.

Penyesalan Mendalam

Melansir Psychology Today, penyesalan merupakan hal yang sangat dapat manusia kontrol. Sayangnya, banyak orang terjebak dalam penyesalan hingga berlarut-larut dan begitu dalam, sehingga justru dapat menghambat aktivitas.

Studi dari Universitas Concordia, Kanada, yang menyebut bahwa penyesalan yang begitu mendapat bisa mengganggu kesehatan mental kita.

Berada pada lingkungan Toxic

Berteman dengan orang-orang yang toxic akan membuat anda terbawa kebiasaan mereka. Beberapa kebiasaan orang toksik bisa berupa mengejek, berlaku tak senonoh, tidak respek, hingga menjerumuskan anda ke hal-hal negatif.

Sebaiknya, keluarlah dari lingkungan tersebut, tidak perlu untuk pilih-pilih teman dan kelilingi diri dengan orang-orang yang positif.

Add a Comment