Cara Mengatasi Mata Sembab Setelah Menangis

cara mengatasi mata sembab

PrimaBerita – Semua orang tentu pernah menangis, entah itu menangis karena sedih atau bahagia. Menangis sebenarnya memiliki manfaat bagi manusia, karena tubuh dapat melepas adrenalin dan kortisol, meringankan stres yang menumpuk dalam sistem anda. Namun menangis dapat menyebabkan mata menjadi sembab, tak eprlu khawatir karena da cara mengatasi mata sembab setelah menangis.

Trik cepat dan mudah mengatasi mata sembap setelah menangis lemaskan wajah dan biarkan sisa air mata yang mungkin masih tertahan mengalir.

Menahan napas dan meliukkkan ekspresi muka sedemikian rupa untuk menjaga agar tangis tidak kembali kambuh justru akan membuat kemerahan dan sembap semakin menjadi-jadi.

Setelah tangisan benar-benar reda, segera duduk tegap (membungkuk atau menutup wajah dengan tangan akan menyebabkan cairan dan darah berkumpul pada wajah), tarik dan hela napas dalam irama teratur, dalam-dalam.

Seka sisa air mata, buang ingus dengan tisu atau kain lembut, kemudian lakukan tips berikut ini.

Cara Mengatasi Mata Sembab Setelah Menangis

Kompres dengan air dingin

Tuang air ke dalam mangkuk sampai setengahnya. Kemudian, masukkan 4-5 buah es batu ke dalam mangkuk tersebut. Ambil kain atau tisu, celupkan ke dalam air es. Kemudian mulailah dari sudut bagian dalam mata, tekan ke bawah kulit sampai Anda mencapai sudut luar mata Anda. Pijat ringan selama sekitar 5 menit.

Ulangi prosedur ini beberapa kali. Atau, Anda dapat menggunakan jari-jari bersih Anda, genggam beberapa es batu, kemudian pijat mata sembap Anda dengan cara yang sama. Untuk memerangi kemerahan pada bagian putih mata, gunakan obat tetes mata generik.

Kompres teh

Celupkan dua kantong teh ke dalam air es selama sepuluh menit, tekan ke kulit bawah mata sampai Anda mencapai sudut luar mata Anda. Pijat ringan selama sekitar 5 menit. Ulangi prosedur ini beberapa kali.

Kompres irisan timun atau kentang

Potong dua iris mentimun atau kentang segar, dan tempelkan di atas masing-masing mata. Biarkan selama 10-15 menit. Sensasi dingin timun dan kentang akan mengencangkan pembuluh darah.

Selain itu, mentimun mengandung antioksidan kuat, sementara kentang mengandung enzim pencerah kulit atau catecholase.

Keduanya tidak berpengaruh pada pengurangan mata sembap, tetapi memulai “terapi gawat darurat” dengan irisan timun yang ditindaklanjuti lima menit kemudian dengan kentang akan mengempiskan kantong mata.

Kompres sendok

Masukkan sendok bersih ke dalam freezer kulkas selama 10-20 menit. Selanjutnya, tekan sendok dengan lembut langsung di bawah mata Anda, mulai dari bagian mata dalam dan pijat mengarah ke luar. Lakukan bergantian untuk mata yang satunya.

Anda juga bisa pijat lembut batang hidung Anda selama beberapa menit seraya menutup mata. Fokus pada area sepasang kacamata akan bertumpu. Hal ini membantu mengurangi tekanan sinus, yang juga mengurangi pembengkakan.

Pakai concealer

Oleskan concealer warna kuning atau hijau tempat yang bermasalah, baurkan hingga merata. Terakhir, bubuhkan bedak tabur atau padat untuk “mengunci” concealer tetap pada tempatnya.

Sementara Anda bereksperimen dengan cara-cara alternatif ini, Anda harus ingat bahwa segera tidur setelah menangis dapat menyebabkan mata sembap lebih parah lagi.

Ini karena ada cairan yang mengumpul dalam mata akibat Anda tidak berkedip atau bergerak untuk mengeluarkan air mata tersebut.

Add a Comment