Ada Diberbagai Produk, Ini Bahaya Wewangian Sintetis

bahaya wewangian sintetis

PrimaBerita – Terlalu banyak menggunakan produk dengan wewangian sintetis ternyata bisa menyebabkan bahaya bagi kesehatan. Sekalipun bagi sebagian orang wewangian sintetis berfungsi untuk menambah mood hingga mendongkrak rasa kepercayaan diri.

Hal ini karena beberapa bahan kimia yang terdapat dalam produk tertentu bisa bersifat racun sehingga sangat beresiko bagi kesehatan tubuh. Lantas apa saja bahaya wewangian sintetis bagi kesehatan?

Wewangian rupanya menjadi salah satu top alergen dunia. Reaksi alergi yang mungkin muncul akibat paparan wewangian bisa berupa migrain, sakit kepala, iritasi sinus, hingga kesulitan bernafas. Selain itu wewangian yang dicampur pada berbagai produk juga sering memicu dermatitis kontak. Dermatitis kontak adalah sejenis reaksi alergi pada permukaan kulit.

  • Memicu Kanker

Breast Cancer Fund menyampaikan bahwa langkah utama dalam mencegah kanker adalah dengan menghindari wewangian sintetis. Itu karena bahan yang terdapat pada pembuatan produk wewangian sintetis dapat menggangu hormon. Selain itu masih ada temuan lain terkait bahaya wewangian sintetis ini. National Toxicology Program membuktikan bahwa stirena bersifat sebagai karsinogen bagi manusia. Adapun stirena ini juga sering tergunakan dalam semprotan kosmetik maupun produk pembersih.

  • Autisme dan Resiko Lahir Cacat

Resiko ini perlu anda waspadai sebagai orang tua atau calon orang tua. Bahan yang terdapat dalam wewangian sintetis, ftalat, dapat berdampak negatif bagi janin. Bahkan paparan janin terhadap ftalat juga berkaitan dengan autisme dan gangguan neurologis. Inilah alasan mengapa wanita hamil perlu selalu hati-hati dengan produk yang mereka gunakan setiap hari.

  • Kesulitan Bernafas Bagi Penderita Asma

Dampak buruk lainnya yaitu dapat membuat pengidap asma kesulitan dalam bernafas. Jadi untuk menghindari hal ini sebaiknya hindari wewangian apapun demi keamanan dan kenyamanan sistem pernafasan. Karena sangat umum bagi orang dengan riwayat asma mengalami masalah pernafasan ketika terpapar berbagai produk beraroma. Apalagi jika produk tersebut mengandung pewangi buatan.

  • Mengganggu Endokrin

Melansir dari sumber, wewangian yang mengandung bahan kimia dapat mengganggu atau membahayakan fungsi hormon dalam tubuh. Salah satu studi dari United States Environmental Protection Agency menyatakan bahwa terganggunya endokrin dapat menyebabkan cacat lahir. Ini juga berdampak negatif pada sistem reproduksi, sistem kekebalan, dan juga sistem saraf.

Add a Comment