Penyebab Sakit Punggung pada Wanita Yang Perlu Anda Ketahui

penyebab sakit punggung wanita

PrimaBerita – Pada dasarnya sakit punggung bisa timbul dari trauma atau kondisi medis yang berhubungan dengan tulang belakang, ligamen, cakram serta saraf. Penyebab sakit punggung pada wanita yang perlu anda ketahui agar anda mengetahui pengobatan yang tepat.

Risiko sakit punggung mungkin lebih tinggi dan lebih rentan terjadi pada wanita disebabkan karena hal-hal yang lebih spesifik. Tidak hanya akibat gangguan pada tulang belakang dan otot, wanita juga bisa mengalami sakit punggung karena masalah di organ internal, seperti rahim, indung telur, ginjal, perubahan hormonal sepanjang perjalanan hidup, dan lain-lain.

Berikut Penyebab Sakit Punggung pada Wanita Yang Perlu Anda Ketahui :

Sedang Hamil

Sciatica ini merupakan nyeri yang penyebabnya adalah saraf rusak atau terjepit. Saat saraf sciatica rusak dan terjepit pada punggung bawah karena piringan sendi menonjol ke tulang belakang, hal ini dapat menyebabkan terjadinya penekanan saraf.

Hal ini biasa ibu hamil alami karena berat kandungan yang terus bertambah, sehinga memberikan tekanan pada sendi panggul. Selain itu, perubahan cara bergerak dan postur tubuh saat hamil pun dapat menambah ketegangan pada otot punggung yang menimbulkan nyeri.

Coccydynia

Nyeri pada tulang ekor yang menjadi penyebab sakit punggung pada wanita pasca melahirkan. Penyebab kondisi ini biasanya trauma pada panggul akibat cedera setelah melahirkan.

Hal ini menyebabkan anda akan merasa kesakitan saat beraktivitas sehari-hari, contohnya seperti sakit saat sedang duduk, sakit saat duduk pada permukaan yang keras, dan saat berdiri dari posisi duduk.

Endometriosis

Endometriosis merupakan kelainan ginekologis yang terjadi karena pertumbuhan jaringan dinding rahim di luar rahim dan kemudian menumpuk jadi endapan. Endapan tersebut lama kelamaan akan menimbulkan peradangan dan memicu nyeri pada perut bagian bawah. Ada juga beberapa wanita yang merasa nyeri yang menjalar sampai ke punggung hingga kaki.

Gejala lain adalah menstruasi terasa sangat menyakitkan, terutama pada daerah panggul, Nyeri biasanya akan bertambah parah saat berhubungan seksual, hingga rasa sakit atau nyeri pada daerah genital.

Dismenore

Merupakan istilah medis untuk menggambarkan nyeri dan kram pada area perut bagian bawah sebelum atau selama haid berlangsung yang bisa menjalar ke punggung.

Sakit punggung pada wanita yang terjadi selama haid biasanya bersifat ringan. Namun pada beberapa kasus, intensitas nyerinya bisa sangat hebat dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Disfungsi Sendi Sacroiliac

Sendi sacroiliac sendiri merupakan penghubung antara bagian bawah tulang belakang dan tulang panggul. Hal ini terjadi karena wanita biasanya memiliki sendi sacroiliac yang lebih tidak merata, serta kurang melengkung jika anda bandingkan dengan pria. Pada wanita yang lebih muda, ini dapat menyebabkan risiko ketidaksejajaran sendi sacroiliac yang lebih tinggi.

Tidak hanya terasa saat anda sedang duduk, sakit atau nyeri pada punggung juga bisa meningkat saat berbaring miring juga naik tangga.

Spinal Osteoarthritis

Spinal osteoarthritis merupakan salah satu penyebab sakit punggung pada wanita yang juga cukup umum terjadi. Penyebabnya adalah pertambahan berat badan dan usia.

Spinal osteoarthritis sendiri merupakan jenis osteoarthritis atau pengapuran sendi yang menyebabkan kerusakan pada tulang rawan di sendi facet yang ada di tulang belakang.

Tanpa adanya bantalan pada antara tulang rawan, ruas tulang belakang dapat saling bergesekan sehingga menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit dapat terjadi pada satu sisi punggung, serta rasa lega ketika sedang membungkuk ke arah depan.

Osteoporosis

Penyebab sakit punggung pada wanita selanjutnya adalah osteoporosis. Kepadatan tulang yang berkurang saat osteoporosis membuat tubuh tidak mampu menyokong berat beban sehingga saraf dan otot-otot punggung jadi tertekan. Hal inilah yang mengakibatkan nyeri punggung.

Saat mengalami salah satu penyebab sakit punggung, anda bisa mengatasinya dengan berbaring secara telentang untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri.

Add a Comment