Begini Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 Melalui WhatsApp

Daftar Vaksinasi Melalui WhatsApp

PrimaBerita – Saat ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan layanan registrasi atau pendaftaran bagi penerima vaksinasi Covid-19 melalui chatbot Whatsapp (WA) pada nomor 081110500567. Cara daftar Vaksinasi Covid-19 melalui WhatsApp juga terbilang mudah.

Namun untuk sementara ini registrasi vaksin Covid-19 melalui WhatsApp hanya bagi tenaga kesehatan saja.

Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 Melalui WhatsApp

Cara registrasinya pun sangat mudah, penerima vaksinasi COVID-19 bisa langsung mengirimkan pesan ke nomor WhatsApp 081110500567 dengan mengetik kata kunci ‘Vaksin’. Setelah itu akan ada konfirmasi bahwa penerima vaksinasi adalah tenaga kesehatan.

Selanjutnya, penerima vaksinasi Covid-19 mengirimkan 6 angka terakhir Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mendaftar dan tenaga kesehatan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi.

Langkah berikutnya adalah akan ada konfirmasi mengenai kondisi Kesehatan untuk memastikan bahwa peserta akan dapat menerima vaksin.

Lalu, chatbot akan membagikan jadwal vaksin untuk mengonfirmasi. Setelah itu, tiket QR code akan d!bagikan bersama dengan video bagaimana cara kerja vaksin.

Para tenaga kesehatan juga bisa mengecek nama mereka pada situs pedulilindungi.id. Jika belum terdaftar, sasaran akan d!minta untuk  segera mengajukan program vaksinasi dengan mengirimkan data diri ke email vaksin@pedulilindungi.id.

Selain via WhatsApp, Kemenkes juga menyediakan channel registrasi vaksinasi Covid-19 melalui SMS Blast PEDULICOVID, Website pedulilindungi.id, melalui email vaksin@pedulilindungi.id, call/UMB *119#, dan Hotline Vaksinasi COVID-19 119 Ext 9.

Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung. Mari ketahui apa saja manfaat vaksin COVID-19 dan siapa yang perlu lebih dulu mendapatkannya.

Vaksinasi ini untuk melengkapi upaya pencegahan penyakit COVID-19, seperti memakai masker, mencuci tangan, juga menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Vaksinasi atau imunisasi merupakan prosedur pemberian suatu antigen penyakit, biasanya berupa virus atau bakteri yang dilemahkan atau sudah mati, bisa juga hanya bagian dari virus atau bakteri. Tujuannya adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut.

Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Namun, infeksi virus Corona memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi..

Add a Comment