Badan Panas Tapi Tidak Demam, Kenali Berbagai Kemungkinannya

badan panas tapi tidak demam

PrimaBerita – Suatu waktu seseorang mungkin mengalami suhu badan yang terasa panas tapi tidak diiringi dengan demam. Bila hal ini terjadi maka bisa jadi disebabkan oleh berbagai kemungkinan.

Gaya hidup yang asal-asalan serta lingkungan ternyata bisa menjadi faktor yang meningkatkan suhu tubuh. Maka untuk memastikannya, seseorang dapat menggunakan alat pengukur suhu atau termometer.

Melansir dari SehatQ, jika suhu tubuh sudah mencapai 38 derajat celcius bahkan lebih maka seseorang dapat dikatakan sedang mengalami demam. Sementara bila suhu tubuh 37 derajat celcius ke bawah maka seseorang tidak mengalami demam. Namun meski demikian jika memang kondisi badan sedang panas tapi tidak demam, itu artinya ada penyebab lain yang mendasari yang perlu anda ketahui. Berikut ini berbagai kemungkinan yang menjadi penyebabnya.

Beberapa makanan dan minuman bisa memacu tubuh terasa lebih panas dari biasanya, namun tidak demam. Contohnya yaitu alkohol, kafein, dan makanan pedas.

  • Olahraga Berlebihan

Penyebab selanjutnya bisa terjadi karena aktivitas olahraga yang berlebihan terutama ketika selama ini anda jarang berolahraga. Kemudian berolahraga ketika cuaca sedang terik/panas atau justru terlalu memaksakan untuk olahraga. Oleh sebab itu segeralah berhenti olahraga jika anda sudah merasa kelelahan dan menghindari cuaca terik saat olahraga.

  • Berpakaian Ketat

Mengenakan pakaian yang terlalu ketat juga menjadi salah satu penyebab kemungkinan suhu badan meningkat. Selain itu pakaian ketat juga dapat menghambat sirkulasi udara pada sekitar kulit. Sehingga badan menjadi berkeringat dan terasa panas.

  • Kehamilan & Siklus Menstruasi

Berdasarkan National Health Service Inggris, sangat lumrah bagi wanita untuk merasakan peningkatan suhu tubuh, baik ketika sedang hamil maupun saat menstruasi (datang bulan). Adapun yang menjadi penyebabnya yaitu karena ada perubahan hormon yang meningkaykan pasokan darah ke kulit manusia. Bagi wanita hamil, suhu tubuh dapat meningkat ketika proses ovulasi sedang berlangsung.

  • Mengalami Gangguan Kecemasan

Ternyata gangguan cemas juga dapat memengaruhi suhu tubuh dan membuat suhu menjadi lebih panas. Saat cemas muncul maka penderitanya akan merasa takut, karena ini merupakan respon dari tubuh dalam menghadapi stres.

Add a Comment