Selain Karena Hamil, Ini Penyebab Haid Datang Terlambat

Penyebab Haid Datang Terlambat

PrimaBerita – Ketika haid datang terlambat seseorang perlu mencari tahu apa penyebabnya. Karena sebenarnya selain hamil masih ada beberapa hal yang menjadi penyebab seseorang mengalami keterlambatan menstruasi.

Haid atau menstruasi atau datang bulan adalah sebuah kondisi perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang muncul secara berkala oleh karena pengaruh hormon reproduksi, baik FSH-estrogen maupun LH-progesteron. Periode ini sangat penting bagi wanita dalam hal reproduksi.

Haid berlangsung setiap bulan dan mulai terjadi pada usia remaja. Secara umum siklus menstruasi terjadi per 28 hari namun siklus tidak berlaku sama terhadap semua wanita. Kendati demikian inilah penyebab haid yang datang terlambat.

Penyebab Haid Datang Terlambat

Mengutip dari berbagai macam sumber, penyebab keterlambatan menstruasi dapat terjadi karena:

1. Perubahan Berat Badan Ekstrem

Perubahan berat badan yang terjadi secara drastis dapat menyebabkan hormon tidak stabil sehingga mengakibatkan wanita terlambat datang bulan. Meski demikian umumnya perubahan siklus menstruasi tersebut tidak menetap. Oleh karena itu wanita tidak perlu terlalu panik karena akan bisa kembali normal seiring stabilnya kadar hormon.

2. Stres

Secara umum stres tidak baik untuk kesehatan. Mungkin anda sedang stres karena kejadian-kejadian tragis ataupun karena masalah pekerjaan. Nah sebenarnya kondisi ini dapat mengganggu keseimbangan hormon anda. Kondisi wanita terlambat haid atau haid tidak teratur dengan rasa tidak nyaman karena stres merupakan hipotalamus amenore.

3. Sindrom Ovarium Polikistik

PCOS atau sindrom ovarium polikistik merupakan sebuah kondisi medis yang memiliki penyebab akibat adanya ketidakseimbangan hormon reproduksi. Ini juga menujukkan datang bulan yang tidak teratur. Dan biasanya pengidap PCOS akan mengalami menstruasi setiap dua minggu.

4. Ada Penyakit Radang Panggul

Faktor lain yang menyebabkan menstruasi datang terlambat adalah karena memiliki penyakit peradangan pada rahim, indung telur, maupun saluran tuba.

5. Fibroid Uterus

Fibroid uterus merupakan sebuah kondisi dimana pertumbuhan sel tidak normal di rahim wanita. Sehingga menyebabkan menstruasi bisa sangat nyeri bahkan muncul tidak teratur. Selain lama haid, gejala lainnya dari fibroid uterus adalah nyeri panggul.

Add a Comment