Ketahuilah Penyebab Umum Susah Buang Air Kecil

Susah Buang Air Kecil

PrimaBerita – Tak hanya kesulitan buang air besar ternyata susah buang air kecil juga bisa terjadi sewaktu-waktu bila tidak menjaga dengan baik kesehatan tubuh. Adapun salah satu hal umum yang dapat menjadi penanda kesulitan buang air kecil adalah keluarnya sedikit urine. Sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Nah bila itu terjadi sebaiknya anda perlu mengetahui yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Susah Buang Air Kecil

  1. Keracunan Jengkol

Bagi anda yang suka makan jengkol sebaiknya perlu hati-hati karena kebanyakan makan jengkol bisa memunculkan resiko keracunan. Dan keracunan jengkol ini dapat terjadi oleh karena asam jengkolat yang menumpuk dalam saluran kandung kemih. Sementara kristal asam jengkolat yang telah mengendap tersebut akan memicu sumbatan. Pada kondisi lebih parah bisa memicu gagal ginjal akut.

  1. Pembesaran Prostat Jinak

Pembesaran prostat jinak sering dialami oleh pria berusia 50 tahun ke atas. Ketika organ prostat membesar maka menyebabkan uretra terjepit. Bagi sebagian pria gejala yang dapat muncul adalah buang air kecil menjadi lebih sering atau lebih dari 8 kali sehari dengan pancaran yang lemah dan tak tertahankan. Tapi terkadang penderita juga harus mengejan ketika kencing.

  1. Ada Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih atau ISK dapat terjadi pada wanita dan pria. Selain sulit kencing, biasa yang menjadi penyerta lainnya yaitu demam dan nyeri saat kencing. Adapun yang menyebabkan ISK ini sebagian besar adalah karena infeksi bakteri e-coli.

  1. Penyempitan Saluran Kemih

Masalah sulit kencing juga dapat terjadi karena penyempitan saluran kemih akibat pemasangan kateter urine, pasca operasi prostat maupun adanya tumor pada sekitar uretra. Atau bisa juga akibat ISK yang tidak tertangani secara tuntas.

  1. Pasca Melahirkan

Gangguan buang air kecil pasca persalinan adalah sebuah nyeri mendadak serta ketidakmampuan mengosongkan kandung kemih secara spontan dalam 12 jam. Yang menjadi penyebab kemungkinan hal ini terjadi adalah karena faktor neurologis, konsumsi obat-obatan, maupun peradangan.

Lihat Lainnya: Hati-hati, Tanpa Disadari 4 Aktivitas Ini Dapat Memicu Ambeien

Add a Comment