Jarang Diketahui, Makanan dan Minuman Ini Mengandung Kafein

PrimaBerita – Selama ini yang banyak orang ketahui minuman yang mengandung kafein adalah kopi. Namun selain itu ada juga makananĀ  dan minuman lain yang mengandung kafein.

Kafein sendiri merupakan senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan.

Kafein juga terdapat dalam obat perangsang sistem pusat saraf pada manusia dan dapat mengusir rasa kantuk secara sementara. Oleh karena itu anda akan sulit tidur setelah mengonsumsi kopi.

Dalam dunia atletik, kafein merupakan senyawa yang tidak boleh unutk mereka konsumsi, karena ketika senyawa itu bereaksi akan membuat atlet menjadi dehidrasi.

Berikut Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

Cokelat

Kafein secara alami aadaa dalam biji kakao. Beberapa cokelat mengandung kafein yang cukup tinggi, seperti cokelat hitam. Jadi anda harus membatasi mengonsumsi cokelat.

Matcha

Siapa sangka, ternyata matcha memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Pada 100 ml matcha, mengandung sekitar 25mg kafein di dalamnya.

Teh

Selain kopi, teh juga memiliki kandungan kafein. Kandungan kafein pada teh sekitar 42 mg kafein per 500 ml.

Minuman bersoda

Sebagian besar orang juga menyukai minuman bersoda yang tinggi asupan kafein. Kandungan kafein bervariasi dari 23 miligram hingga 41 miligram per botol. Jumlahnya bervariasi dari berbagai merek. Tak hanya minuman bersoda, minuman berenergi juga mengandung kafein.

Kuaci

Salah satu camilan yang bikin kecanduan beberapa orang ini ternyata mengandung kafein dalamnya. Tidak heran bila beberapa minuman berenergi juga menjadikan kuaci sebagai bahan utama untuk memompa energi.

Sereal

Banyak orang yang menjalani diet dan memilih oatmeal sebagai menu utama pengganti nasi yang kaya serat. Namun kamu perlu hati-hati karena sereal yang selama ini kamu konsumsi mengandung kafein. Oleh karena itu disarankan untuk memeriksa label sebelum mengonsumsinya.

Obat penghilang rasa sakit

Kita semua memiliki kebiasaan minum pil ketika menderita sakit kepala atau nyeri sendi. Tetapi hal yang tidak pernah disadari adalah bahwa terdapat kandungan kafein yang juga membantu meredakan sakit yang kamu alami.

Permen karet

Kita sering jadikan permen karet sebagai makanan saat dalam situasi apa pun. Ternyata beberapa permen karet juga mengandung kafein yang setara dengan jumlah dalam secangkir kopi.

Add a Comment