5 Manfaat Kismis Untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui

manfaat kismis untuk ibu hamil

PrimaBerita Kehamilan merupakan hal yang banyak mengubah seorang wanita. Mulai bentuk tubuh, mood bahkan makanan yang boleh dan tidak boleh untuk ibu hamil konsumsi. Hal ini berguna untuk kebaikan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Nah, salah satu makanan yang memiliki manfaat baik untuk ibu hamil adalah kismis.

Kismis adalah anggur yang dikeringkan dan dapat dimakan langsung atau digunakan dalam masakan. Pada abad ke-11 Masehi tentara salib memperkenalkan kismis di Eropa setelah kembali dari Mediterania.

Selain rasanya yang manis dan lezat, kismis juga menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi wanita hamil.

Berikut 5 manfaat buah kismis untuk ibu hamil :

1. Baik untuk penglihatan janin

Apa yang ibu konsumsi akan sangat bergantung pada janin untuk memenuhi segala kebutuhannya, termasuk dalam hal pertumbuhan organ-organnya. Ibu hamil yang mengonsumsi kismis dapat membantu janin mengembangkan penglihatan yang baik.

Mengutip dari laman Women & Infants, kandungan vitamin A dalam kismis membantu perkembangan penglihatan dan kalsium membuat tulang lebih kuat.

Wanita  hamil sebaiknya makan kismis untuk mengurangi kemungkinan janin mengalami cacat lahir, terutama yang berhubungan dengan mata.

2. Mencegah anemia

Keluhan umum wanita selama kehamilan adalah anemia defisiensi zat besi karena janin yang sedang tumbuh juga memakan makanan ibu. Oleh karena itum kebutuhan zat besi selama kehamilan meningkat.

Menurut Utah Department of Health, kismis mengandung zat besi dan vitamin C yang baik yang membantu menurunkan risiko anemia. Kismis juga kaya akan vitamin B kompleks dan mineral lain yang meningkatkan kadar hemoglobin.

3. Menurunkan risiko terkena kanker

Tubuh wanita selama kehamilan lebih rentan terhadap masalah kesehatan serius seperti kanker. Antioksidan dalam kismis dapat membantu melawan radikan bebas yang ada dalam tubuh yang merupakan penyebab utama pembentukan tumor kanker.

Konsumsi kismis secara rutin selama kehamilan dapat membantu menurunkan risiko kanker, stroke, dan kondisi jantung, melansir Maricopa County Department of Public Health.

4. Mencegah konstipasi

Banyak perempuan yang mengalami sembelit dan gangguan pencernaan lainnya selama kehamilan. Kismis dapat mengatasi masalah ini karena kandungan serat dalam kismis yang memudahkan buang air besar.

Melansir Style Craze, serat dalam kismis dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dan membuang racun dari tubuh. Buah kering ini bersifat menyerap air dan menciptakan kecenderungan pencahar yang memudahkan buang air besar. Magnesium dan kalium pada kismis juga membantu menurunkan keasaman dan memudahkan pencernaan makanan.

5. Merawat kesehatan gigi

Menurut studi dalam The Journal of Nutrition, kismis mengandung asam oleanolic dan kalsium, yang melindungi gigi dari gigi berlubang dan kerusakan. Komponen ini juga membantu mencegah bau mulut dan masalah mulut lainnya.

Gusi bengkak dan gusi berdarah adalah masalah umum selama kehamilan. Karenanya, merawat mulut selama kehamilan sangatlah penting dan juga berperan penting dalam mencegah mual.

Akan tetapi, untuk perempuan hamil yang terdiagnosis diabetes gestasional, sebaiknya batasi konsumsi kismis untuk menghindari risiko bayi lahir obesitas.

Add a Comment