Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

rambut rontok

PrimaBerita.com– Diulasan ini akan membahas penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya.  Rambut rontok merupakan hal yang wajar dan pasti terjadi pada semua orang.

Untuk itu anda harus waspada karena rambut yang rontok dapat mengakibatkan kebotakan. Apalagi bagi kaum wanita karena rambut merupakan mahkota.

Penyebab Rambut Rontok

  • Sering terkena sinar matahari

Rambut jika terlalu sering terkena cahaya matahari, maka akan semakin rapuh, akibat terkena sinar yg terlalu panas. Debu dan polusi juga dapat merusak rambut sehingga menimbulkan kerontokan.

  • Jarang mencuci rambut (keramas)

Jarang mencuci rambut bisa membuat rambut anda kotor sehingga menyebabkan kerapuhan pada rambut anda.

Sehingga rambut anda bisa terlihat berminyak dan rapuh, maka lama kelamaan rambut anda akan rusak dan menyebabkan kerontokan.

  • Sering bereksprimen dengan rambut

Sering kali kita ingin terlihat cantik atau keren dengan cara mengubah-uabah gaya rambut atau warna rambut kita.

Contohnya pewarnaan rambut, catok, keriting atau sekedar mengeringkan rambut dengan hairdrayer terlalau panas.

Kondisi ini lah yg sering dapat memmbuat rambut andarentan patah sehingga menyebkan kerontokan.

  • Jarang merawat rambut

Kadang karena terlalu sibuk dan tidak sempat merawat  rambut membuat rambut menjadi rusak, lama kelamaan akan menjadi rontok. Jarang memberi vitamin atau serum rambut maupun masker rambut.

 Berikut beberpa Bahan-bahan Alami mengatasi Rambut Rontok;

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung vitamin A, D, serta zat besi dan protein yang terkandung di dalamnya juga mampu mengatasi rambut rontok.

Kandungan dalam aloevera tersebut mencegah kerontokan dengan cara melindungi kulit kepala terhadap berbagai penyakit.

Cara penggunaan nya, yaitu cukup oleskan gel yang terdapat dalam lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala, bisa juga sambil di pijet-pijet lalu diamkan selama lima belas menit.

Kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan tersebut setiap hari secara teratur agar rambut rontok berkurang.

  1. Minyak Zaitun

Di dalam minyak zaitun mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi rambut rontok. Usapkan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata, pijat dengan lembut.

Lalu diamkan selama setengah jam. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan shampoo seperti keramas biasa. Lakukan setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Santan

Caranya cukup dengan mengoleskan santan ke seluruh permukaan rambut hingga kulit kepala dan diamkan selama tiga puluh menit.

Setelah itu, bilas dengan menggunakan shampoo dan air bersih. Santan ini dapat membuat rambut anda halus dan mudah untuk disisir

  1. Yoghurt

Mungkin anda bingung mengapa youghurt dapat mencegah rambut rontok. d Yoghurt mengandung kalsium, vitamin D, kalium dan protein yang dapat memberi nutrisi dan membantu menguatkan akar rambut.

Anda cukup mengoleskan yoghurt tawar ke seluruh permukaan rambut sambil memijat kepala seperti sedang creambath, biarkan selama 5 menit. Kemudian bersihkan rambut dengan shampoo dan air bersih.

Tips Mengurangi Rambut Rontok

  • Hindari mengikat rambut terlalu kencang seperti dikuncir atau dikepang.
  • Hentikan kebiasaan mengubah warna dan bentuk rambut
  • Biasakan diri mengonsumsi pola makan gizi seimbang setiap hari.
  • Ubah kebiasaan menggosok rambut dengan kencang saat berkeramas menjadi lebih lembut, dan hindari menggunakan kuku ketika menggaruk kulit kepala.
  • Rajin lah mencuci rambut

Itu lah tips cara merawat rambut rontok.

Add a Comment