Gubsu Pimpin Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam di Mapoldasu

PrimaDaily – Memasuki musim penghujan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), Kepolisian Daerah Sumut (Poldasu) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam, di Lapangan KS Tubun Markas Polda Sumut, Jl.Sisingamangaraja KM 10,5, Senin (9/11/2020).

Hal ini disampaikan Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi dan meminta kepada Polda Sumut selaku inisiator Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam dengan menyiapkan posko bersama di daerah-daerah rawan bencana. Dengan begitu bencana diharapkan lebih cepat penanganannya.

“Daerah (kabupaten) Toba, Karo, Pakpak Bharat dan daerah tinggi lainnya termasuk juga yang kita antisipasi itu banjir di Labuhanbatu. Ini yang sangat kita antisipasi, ada tempat-tempat yang harus kita siapkan alat-alat berat, personel dan peralatan. Bila ada bencana bisa segera di atasi,” kata Edy Rahmayadi.

Menurut Gubsu, apel ini penting dilakukan karena Provinsi Sumut memiliki curah hujan cukup tinggi. Belajar dari musim penghujan sebelumnya, Polda, TNI dan Pemprovsu bisa mengantisipasi dan meminimalisir jatuhnya korban jika terjadinya banjir dan longsor.

“Memasuki Oktober, November dan Desember curah hujan cukup tinggi. Obat dalam bencana alam kesiapan, kita harus siap. Inilah Apel Kesiapsiagaan Bencana. Saya berterima kasih kepada Kapoldasu memulai kegiatan ini, mengajak bersama-sama mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan bencana alam,” tambah Edy.

Dalam apel ini terlihat, berbagai peralatan canggih digelar untuk penanganan bencana, seperti mobil yang mampu mengubah air tidak layak minum menjadi layak minum, dapur umum bergerak, pendeteksi suara, alat komunikasi dan lainnya.

Untuk kekuatan personel, Kapoldasu Irjen Martuani Sormin menyebutkan ada 2.000 personil yang siap-siaga. “2.000 personel itu terdiri dari unsur personil Polda, Kodam, Basarnas dan Pemprovsu.

Para personil itu telah dibekali, dilatih dan disiapkan untuk bisa menghadapi bencana dengan baik, sudah tahu apa yang perlu dilakukan bila bencana,” terang Sormin.

Sormin berharap dengan kesiapsiagaan Polri, TNI, Basarnas dan Pemprovsu dalam hal penanggulangan bencana bisa cepat teratasi, sehingga bisa menyelamatkan nyawa korban bencana.

“Diharapkan dengan kesiapsiagaan para personel maka kita lebih cepat dalam penanggulangan bencana dan meminimalisir jatuhnya korban jiwa,” kata Sormin.

Turut hadir, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kasdam I/BB Brigjend TNI Didied Pramudito, Kabinda Sumut Brigjen TNI Ruruh Setyawibawa, OPD terkait dan unsur Forkopimda lainnya. (Edi Sukarno)

Sumber artikel: Primadaily.comGubsu Pimpin Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam di Mapoldasu.

Add a Comment