Bahaya Kelamaan Duduk Jangan Disepelekan Ya!

PrimaDaily – Kelamaan duduk ternyata memiliki dampak atau bahaya. Meski jarang disadari, seseorang bisa sangat lama duduk setiap hari. Khususnya bagi para pekerja kantoran ataupun yang selalu berkecimpung di depan layar monitor. Sehingga aktivitas fisik pun semakin minim.

Padahal sebenarnya terlalu lama duduk bisa mendatangkan dampak kesehatan, baik itu jangka pendek ataupun jangka panjang. Nah supaya anda lebih waspada lagi sebaiknya perhatikan bahaya kelamaan duduk berikut ini.

Berat Badan Naik

Jangan anda sepelekan. Duduk yang terlalu lama mampu menaikkan berat badan. Hal ini karena asupan kalori berlebihan dengan perpaduan gerak badan yang sangat minim bisa menimbulkan berat badan semakin meningkat. Jadi saat anda menghabiskan sebagian besar waktu untuk duduk maka pelepasan molekul yang membantu proses lemak dan gula akan berkurang.

Sakit Punggung, Leher, serta Pundak

Hanya dalam hitungan jam, bahaya kelamaan duduk bisa saja mulai muncul. Mulai dari timbul rasa nyeri punggung, kemudian leher menjadi kaku, serta sakit pada area pundak. Kegiatan duduk juga mampu membuat fleksor pinggul memendek apalagi bila postur tubuh saat duduk sangat buruk. Apabila hal ini semakin terus berulang maka nyeri kronis bisa anda alami akibat tekanan cakram tulang belakang.

Atrofi Otot Kaki dan Bokong

Duduk membuat otot tubuh bagian bawah menjadi jarang untuk anda gunakan. Bahkan semakin lama anda duduk maka otot pun bisa saja melemah. Hal inilah yang merupakan atrofi otot. Umumnya akan terjadi pada area kaki dan bokong. Tak hanya itu atrofi juga membuat tubuh mengalami beberapa perubahan seperti bentuk tidak simetris dan timbul cekungan.

Lihat Juga: Tips Membersihkan Area Kursi agar tetap Sehat Selama Penerbangan

Cemas dan Depresi

Terlalu banyak melakukan pekerjaan sembari duduk juga beresiko kesehatan mental menjadi terganggu. Sehingga orang bisa cemas bahkan depresi. Namun jika kondisi ini mulai terjadi maka sebaiknya sempatkan beberapa menit untuk berjalan-jalan atau melakukan hal lainnya yang tidak monoton. Mungkin selepas bekerja anda bisa mencari sedikit hiburan untuk menyegarkan kembali pikiran anda.

Sumber artikel: Primadaily.comBahaya Kelamaan Duduk Jangan Disepelekan Ya!.

Add a Comment