5 Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Paru-Paru

PrimaBerita – Ada lima makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru yang perlu anda ketahui. Paru-paru merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang sangat penting untuk anda jaga kesehatannya.

Paru-paru berperan penting untuk pernapasan, namun terkadang tercemari oleh polusi dan asap rokok yang lama kelamaan menimbulkan masalah yang berhubungan dengan pernapasan, seperti asma, bronkitis, fibrosis kistik, hingga pneumonia.

Oleh karena itu, anda harus mengetahui cara yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan paru-paru, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Pola makan dan gaya hidup yang sehat dapat menjauhkan anda dari berbagai dampak buruk yang berhubungan dengan paru-paru. Dengan melakukan hal tersebut, risiko dari penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan menjadi lebih kecil.

Berikut 5 Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Paru-Paru

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi yang sangat baik untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Kandungan ini sangat bermanfaat terutama pada seseorang yang mengidap penyakit paru-paru kronis. Asam lemak omega-3 dapat membantu peradangan dan mengurangi risiko infeksi yang dapat terjadi.

2. Apel

Buah apel kaya akan kandungan vitamin C, E, dan beta-karoten. Asupan apel secara rutin dapat menurunkan risiko penurunan fungsi paru-paru, terutama pada mantan perokok, yang berhubungan dengan COPD. Jika anda konsumsi dengan rutin maka buah apel dapat menjaga kesehatan paru-paru.

3. Brokoli

Kandungan Sulforaphane dalam sayur brokoli dapat menghasilkan enzim pelindung untuk mengurangi risiko terjadinya asma, penyakit paru obstruktif, hingga penyakit pernapasan lainnya. Beberapa sayur lainnya yang memiliki manfaat yang sama adalah kubis dan kangkung.

4. Kacang Brazil

Beberapa jenis kacang Brazil mengandung lebih rendah lemak sehat dan tinggi akan karbohidrat. Namun, diet tinggi karbohidrat dari kacang-kacangan dapat meningkatkan tingkat peradangan jaringan paru-paru. Meski begitu, beberapa jenis kacang dapat membantu untuk mengurangi peradangan tersebut, seperti kacang Brazil, hazelnut dan almond.

5. Berry

Beberapa jenis berry seperti blueberry, cranberry, anggur, dan stroberi, sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Berry kaya akan antioksidan yang berguna untuk melindungi paru-paru dan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Maka dari itu, cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi jenis buah ini agar tubuh, terutama paru-paru, tetap terjaga kesehatannya.

Makanan tersebut  efektif untuk dilakukan para mantan perokok yang ingin memiliki paru-paru bersih dari segala kandungan yang masuk ke tubuh dari kebiasaan buruk tersebut.

Add a Comment