5 Kesalahan Pakai Skincare yang Bikin Wajah Jadi Kusam

PrimaDaily – Sering sekali kesalahan pakai skincare bisa bikin wajah anda jadi kusam. Saat ini sudah banyak produk skincare untuk menjadikan kulit anda terlihat bersih dan cantik.

Berbagai produk skincare seperti sabun cuci muka, pelembap, toner, essence, serum, tabir surya, hingga sheet mask semua telah mudah anda dapatkan.

Anda bisa memilih skincare yang paling pas dan sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja, jangan sampai investasi Anda pada produk skincare malah menjadi rugi akibat melakukan kesalahan-kesalahan.

Berikut 5 Kesalahan Pakai Skincare yang Bikin Wajah Jadi Kusam

1. Produk Bermasalah

Ragam produk menawarkan ‘janji-janji’ manis untuk menyelesaikan beragam masalah kulit. Namun, perlu anda ketahui, tidak ada yang instan untuk mengatasi semua masalah. Anda perlu mendukung penggunaan skincare dengan gaya hidup sehat.

Untuk itu, rawat kesehatan kulit Anda seperti merawat kesehatan organ tubuh yang lain dengan makan yang baik, olahraga dan tidur cukup.

Meditasi juga anda perlukan karena saat stres, kulit jadi lebih rentan terhadap peradangan dan jerawat.

2. Tidak serius

Banyak yang ingin memiliki kulit bersih dan cantik namun tidak serius melakukannya. Daripada memberikan perombakan mendadak untuk kulit yang disertai harapan akan hasil akhir yang sempurna, lebih baik pasang target sederhana setiap pekannya.

Anda bisa memulainya dengan rutin mengaplikasikan tabir surya pada tangan dan wajah setiap hari. Setelah beberapa minggu menggunakan tabir surya, tambahkan retinol atau bahan aktif lain. Dengan begini, Anda tidak akan kewalahan dan merasa produk yang anda gunakan sia-sia.

3. Mengabaikan leher

Saking fokus merawat wajah, banyak orang abai dengan kulit bagian tubuh lain termasuk leher, siku, lutut, dan tumit. Saat menggunakan skincare, jangan lupa aplikasikan sampai leher.

Sementara untuk bagian tubuh lain, Anda cukup menggunakan body lotion. Tidak hanya pada bagian tubuh yang terlihat, tapi gunakan pula pada bagian punggung, dada, dan paha.

4. Mengandalkan skincare buatan sendiri

Karena banyak waktu di rumah, ada saja ide untuk membuat skincare buatan sendiri. Selain hemat, penggunaan bahan-bahan alami tidak menimbulkan masalah untukkulit. Padahal beberapa bahan kecantikan untuk produk buatan sendiri bisa membuat kondisi kulit makin buruk.

Sebagai contoh, air lemon yang diklaim dapat mencerahkan kulit justru akan meninggalkan luka bakar pada kulit karena kandungan asamnya. Perawatan kulit harus benar-benar sesuai dengan kondisi kulit.

5. Kurang asupan cairan

Demi kulit yang sehat, Anda sangat direkomendasikan untuk mendapatkan asupan cairan yang cukup. Mengutip Your Family, skincare terbaik sekali pun tak akan memberikan hasil maksimal jika tubuh kurang terhidrasi. Cukupi kebutuhan cairan Anda dengan 8 gelas atau sekitar 2 liter air.

Sumber artikel: Primadaily.com5 Kesalahan Pakai Skincare yang Bikin Wajah Jadi Kusam.

Add a Comment