Tips Mudah Merawat Perhiasan Agar Tetap Berkilau

PrimaDaily – Dari sekian banyak tips, salah satu tips mudah merawat perhiasan agar tetap berkilau adalah menyimpannya di tempat yang terlindung dari paparan sinar matahari. Sebab selain perhiasan tersebut menjadi awet dan tidak mudah rusak, perhiasan memiliki nilai investasi yang cukup menjamin. Jadi karena nilainya tinggi, perhiasan harus dirawat dengan cara hati-hati pula.

Entah itu perhiasan jenis emas maupun berlian akan tetapi perawatan itu perlu. Berikut beberapa tips merawat perhiasan yang bisa anda terapkan.

Simpan Pada Tempat yang Terlindung dari Matahari

Cahaya maupun suhu panas ruangan sangat bisa mempengaruhi kualitas perhiasan, seperti warna batu permata. Sehingga bila lokasi penyimpanannya masih memungkinkan untuk terkena sinar matahari, sebaiknya hindari. Sebab lama-lama kelamaan batu perhiasan menjadi rusak.

Sinar matahari berlebihan juga dapat menghilangkan warna mutiara. Bahkan suhu panas ruangan bisa menyebabkan mutiara menjadi kering hingga pecah. Jadi ada baiknya simpan perhiasan pada kotaknya dengan suhu memadai.

Lihat Juga: Jangan Lewatkan Berbelanja Souvenir Unik Saat Mengunjungi Mesir

Bersihkan dengan Sabun Berformula Ringan

Metode paling aman selanjutnya yaitu menggunakan sabun berformula ringan untuk membersihkan perhiasan. Rendam dalam segelas air (bukan air mengalir) untuk menghilangkan sisa sabun lalu gosoklah dengan sikat gigi lembut. Atau anda juga bisa menggunakan microfiber untuk mengeringkan perhiasan.

Lepaskan Perhiasan Saat Mandi

Saat mandi maupun saat berenang, ada baiknya melepas perhiasan yang sedang anda kenakan. Entah itu perhiasan berupa cincin, kalung, maupun anting-anting. Hal ini karena kandungan kaporit bisa saja akan mengikis karat emas ataupun perak. Begitu juga dengan kandungan klorin air kolam renang.

Lihat Juga: Tips Mencuci Gaun Mewah Tanpa Harus Ke Laundry

Hindarkan dari Zat Kimia

Tips selanjutnya yakni menghindari perhiasan dari paparan zat kimia produk kecantikan. Pasalnya kandungan bahan kimia yang terdapat pada hairspray maupun parfum mampu memengaruhi kilau emas serta batu permata lainnya yang memiliki warna.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga perhiasan agar tetap berkilau dan tidak mudah rusak.

Sumber artikel: Primadaily.comTips Mudah Merawat Perhiasan Agar Tetap Berkilau.

Add a Comment