Tips Memilih Karpet Lantai Untuk Ruangan

PrimaDaily – Kebanyakan orang pada umumnya akan memilih karpet lantai yang sesuai dengan tema ruangan. Atau biasanya orang akan memilih karpet lantai dengan motif yang simpel dengan warna yang tidak terlalu mencolok. Namun meski begitu sebenarnya ada beberapa tips dalam memilih karpet lantai ruangan.

Sesuaikan Karpet dengan Tema Ruangan

Karpet yang tidak memiliki motif terlalu ramai atau karpen bergaya bohemian bisa menjadi piliahan untuk anda terapkan pada ruangan yang sempit. Selain itu pastikan juga bahwa warna-warna tidak bertabrakan dengan warna furnitur yang ada pada sekitar ruangan maupun warna lantai dan tembok. Atau dengan kata lain karpet yang pilih harus menyatu dengan elemen ruang lainnya.

Sesuaikan Ukuran Karpet dengan Lebar Ruangan

Menyesuaikan ukuran karpet lantai ruangan juga termasuk tips yang perlu anda pahami. Jangan sampai karpet terlalu kecil atau bahkan malah menutupi seluruh ruangan. Ukuran karpet yang terlalu kecil seolah-olah memberikan kesan asal-asalan atau hanya sekedar ada saja. Begitupun sebaliknya ukuran yang terlalu besar justru bisa memberikan kesan ruangan menjadi terlihat sempit. Cara efektif dalam menentukan karpet yaitu memanfaatkan penempatan furnitur.

Sesuaikan Karpet dengan Fungsi Ruangan

Karpet yang spesifik mendukung karakter ruangan. Misalnya karpet berbulu pendek dan lembut bisa anda letakkan pada ruang keluarga. Karpet yang padding-nya tidak licin cocok untuk kamar mandi. Sedangkan jenis karpet yang mudah dibersihkan bisa anda letakkan pada bagian dapur.

Memilih Motif Karpet Lantai

Anda mungkin bingung untuk memilih apakah karpet ingin bermotif atau polos saja. Nah untuk membantu anda, cobalah untuk memperhatikan kebutuhan ruangan terlebih dahulu. Jika ruangan tersebut sudah penuh dengan segala macam perabotan maka anda bisa memilih karpet polos dengan sentuhan satu warna. Mungkin karpet berwana putih atau krem. Hal ini bisa memberikan kesan ruangan yang lebih lapang.

Atur Posisi Furnitur di Atas Karpet

Posisi furnitur harus sesuai misalnya semua kaki meja menginjak karpet. Lalu seperti kaki sofa, taruh saja hanya setengahnya yang tersentuh karpet.

Sumber artikel: Primadaily.comTips Memilih Karpet Lantai Untuk Ruangan.

Add a Comment