Imbas Aturan Pajak, Pembelian Aplikasi iPhone di Indonesia Bakal Naik

Pembelian Aplikasi iPhone

PrimaBerita – Harga pembelian aplikasi pada perangkat iPhone di Indonesia sepertinya bakal mengalami kenaikan harga dalam beberapa waktu mendatang. Hal ini akibat aturan pajak baru dari pemerintah.

Apple menyebutkan tentang kenaikan harga tersebut lantaran pemerintah RI memberlakukan pajak sebesar 10% untuk pengembang asing. Namun begitupun pihak Apple masih belum mengetahui kapan harga baru tersebut mulai berlaku bagi pengguna iPhone. Perubahan harga terjadi, menurut Apple, adalah karena perubahan nilai tukar mata uang lokal dan kenaikan pajak.

Kendati demikian perubahan harga tersebut akan berlaku untuk pembelian aplikasi serta in-app purchases (dalam aplikasi). Tetapi selain itu Apple juga tidak memberikan keterangan informasi mengenai kenaikan harga tersebut apakah berpengaruh kepada layanan Apple Music maupun iCloud.

Lihat Juga: Uji Coba Apple Card, Kartu Kredit Terbaik dari Apple

Selain Indonesia, sejumlah negara lainnya juga turut mengalami kenaikan harga pembelian aplikasi iPhone. Negara-negara tersebut antara lain Brazil, India, Kolombia, Afrika Selatan, dan juga Rusia. Melalui situs resmi Apple, Apple telah memeberitahukan hal ini kepada para pengembang situs mereka.

“Ketika pajak atau nilai tukar mata uang berubah, kami terkadang perlu menyesuaikan harga di App Store. Dalam beberapa hari mendatang, harga aplikasi dan pembelian dalam aplikasi (kecuali biaya langganan yang otomatisdiperbaharui)di App Storedi Brazil, Kolombia, India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan akan naik,”

Sementara itu kenaikan yang terjadi pada negara India terjadi oleh karena pemerintah setempat memberlakukan pemungutan pemerataan sebesar 2%. Serta pajak barang dan jasa sebesar 18%. Selain itu penyesuaian harga aplikasi juga akan terjadi pada Albania dan Islandia. Penyesuaian harga aplikasi pada kedua negara ini terjadi karena perubahan dolar dan PPN.

Untuk pengembang aplikasi, daftar harga baru untuk berbagai negara bisa pengguna akses lewat situs web pengembang Apple. Sehingga para pengembang juga bisa melihat bagaimana dampak perubahan harga terhadap aplikasi mereka.

Apple juga memberikan laman khusus untuk memberitahu para pengembang mengenai seberapa besar perubahan harga yang akan berlaku.

Add a Comment