7 Cara Mendapatkan Anak Kembar Secara Alami

PrimaBerita – Beberapa orang mungkin menginginkan anak kembar. Namun untuk mendapatkan anak kembar secara alami ada beberapa cara yang harus anda lakukan.

Hampir sepertiga kasus anak kembar adalah kembar identik dengan monozigot. Jenis kehamilan ini terjadi ketika telur yang dibuahi terbagi menjadi dua embrio terpisah. Anak yang lahir dengan kembar identik akan memiliki jenis kelamin yang sama satu sama lain dan terlihat sangat mirip.

Anak yang lahir dengan kembar tidak identik mungkin tidak akan memiliki jenis kelamin yang sama. Mereka juga tidak mirip sama sekali, seperti saudara yang lahir dari kehamilan berbeda.

Berikut Cara mendapatkan anak kembar secara alami

Pada umumnya. seorang perempuan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk melahirkan anak kembar bila ia atau pasangannya memiliki riwayat kembar dalam keluarganya.

Untuk mencepai hal tersbeut, perhatikan faktor-faktor berikut ini:

Rentang usia di atas 30 tahun

Perempuan yang lebih tua cenderung memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan anak kembar. Pada 35 tahun cenderung menghasilkan follicle stimulating hormone (FSH) lebih banyak jika membandingkannya dengan perempuan yang lebih muda.

Ini membuat mereka mengeluarkan lebih dari satu folikel sel telur saat masa subur atau ovulasi. Hal inilah yang mendorong suntuk mereka memiliki anak kembar.

 Mengonsumsi asam folat

Asam folat dapat memengaruhi fungsi ovarium, implantasi, pembentukan embrio, dan keseluruhan proses kehamilan. Suplemen yang mengandung asam folat, myo-inositol, dan melatonin dapat membantu meningkatkan kualitas sel telur dan fungsi ovarium.

Mengonsumsi obat penyubur

Beberapa ahli berpendapat bahwa mengonsumsi obat penyubur dapat meningkatkan kemungkinan untuk hamil kembar. Ini dapat meningkatkan kemungkinan perempuan mengeluarkan sel telur lebih dari satu pada saat bersamaan. Dengan begitu, ia pun bisa mendapatkan bayi kembar tidak identik.

Tipe tubuh yang tinggi dan ideal

Perempuan yang diet rendah lemak memiliki peluang lebih kecil untuk melahirkan anak kembar. Lemak ekstra menyebabkan peningkatan kadar estrogen. Tingkat estrogen yang lebih tinggi dapat menyebabkan stimulasi berlebih pada ovarium. Alih-alih melepaskan hanya satu sel telur saat ovulasi, indung telur mungkin melepaskan dua atau lebih.

 Jumlah anak

Jumlah anak sebelumnya dapat menjadi salah satu faktor yang membuat seorang perempuan memiliki peluang hamil anak kembar. Bila ia telah memiliki anak lebih dari satu, maka ia berpotensi memiliki anak kembar pada kehamilan selanjutnya.

Selain itu, ibu yang pernah hamil kembar juga berpotensi besar memiliki anak kembar berikutnya. Ini membuktikan bahwa ia memiliki kemampuan memproduksi lebih dari satu ovum.

Fertilisasi in vitro (IVF)

Fertilisasi in vitro (IVF) atau dengan istilah bayi tabung dapat meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar. Ini adalah proses penggabungan sel telur dan sperma pada laboratorium untuk menghasilkan embrio. Mereka kemudian mentransfer embrio yang telah terbuahi ke dalam rahim perempuan.

Untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilan, ahli kesehatan biasanya menempatkan lebih dari satu embrio ke dalam rahim. Kehamilan kembar dapat terjadi bila kedua embrio yang tertanam berkembang dengan sukses.

Meski begitu, ini dapat menyebabkan risiko yang tidak diinginkan. Untuk itu, ahli kesehatan biasanya akan membatasi jumlah embrio yang mereka transfer ke rahim perempuan untuk mengurangi kemungkinan risiko tersebut.

Inseminasi intrauterine (IUI)

Melakukan Inseminasi intrauterine (IUI) dengan menyuntikan sperma ke dalam rahim. Proses ini sebenarnya tidak meningkatkan kemungkinan lahirnya bayi kembar. Namun dalam beberapa kasus, proses IUI yang terbantu dengan konsumsi obat subur secara rutin dapat membuat program bayi kembar berpeluang lebih tinggi untuk berhasil.

Add a Comment