Tanda Stres yang Harus Anda Waspadai dan Cara Mengatasinya

Tanda Stres harus anda Waspadai

PrimaBerita – Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Namun ada beberapa tanda stres yang harus anda waspadai. Karena stres dapat menimbulkan berbagai penyakit mulai dari memperburuk mood, memicu penyakit kronis hingga depresi yang mengakibatkan kematian.

Berikut tanda stres yang harus anda waspadai :

1. Jantung berdebar

Gejala stres yang paling mendasar adalah jantung yang berdebar lebih cepat. Biasanya hal tersebut muncul saat situasi yang mengancam dan tak terduga.

Sebelum menyimpulkan bahwa hal tersebut terjadi karena gangguan jantung, Anda bisa terlebih dahulu mengaitkan dengan keadaan yang tengah anda hadapi. Saat jantung berdebar lebih kencang, akan lebih banyak darah yang terpompa ke organ tubuh lain.

2. Sulit tidur

Hormon yang bekerja ekstra membuat tubuh sulit untuk mencapai kondisi rileks. Mengutip Medical News Today, stres rentan memicu insomnia karena tubuh kita seakan mengaktifkan tombol ‘alert’ alias berada dalam situasi waspada.

3. Sulit konsentrasi dan mengambil keputusan

Stres yang terakumulasi dan yang anda abaikan dapat mengganggu konsentrasi. Ini bisa menyebabkan hilang fokus, sulit menyelesaikan tugas, frustrasi, kacau.

4. Sakit kepala

Sakit kepala sangat mungkin terjadi ketika stres. Stres adalah pemicu umum sakit kepala tegang dan migrain, atau bisa juga memicu sakit kepala jenis lain bahkan memperburuk keadaannya.

5. Gairah seks menurun

Studi mencatat bahwa stres akan memicu disfungsi seksual, baik pria maupun wanita. Bagi pria, stres dalam tingkatan tertentu berpengaruh langsung pada kemampuan ereksi bahkan berujung pada impotensi.

6. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti sakit perut, diare, sembelit, dan mual bisa jadi tanda stres. Selain itu, stres dapat menyebabkan kejang otot di usus yang terasa nyeri.

Stres dapat memengaruhi pencernaan dan menunda penyerapan nutrisi pada usus. Peningkatan produksi gas atau sering buang angin juga bisa menjadi gejalanya.

Bahkan stres juga bisa mengubah kebiasaan makan. Ini karena hormon tidak bekerja seperti biasanya. Bisa ditandai dengan makan berlebihan atau justru tidak nafsu makan.

Untuk mengatasi stres dan membuat perasaan menjadi lebih baik, hal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi gejala dan tahu penyebabnya.

Mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat, kemudian bersosialisasi atau berkumpul dengan teman. Anda juga bisa melakukan meditasi. Selain itu tidur yang cukup, istirahat sejenak dan pergilah liburan. Anda juga bisa meminta bantuan Psikolog.

Add a Comment