BLT Karyawan Rp 600 Ribu Diperpanjang Hingga 2021

blt karyawan 600 ribu

PrimaBerita – Pemerintah kembali memperpanjang pemberian BLT atau Bantuan Langsung Tunai kepada karyawan sebesar Rp 600 ribu hingga tahun 2021 yang akan datang. Yang mana awalnya program pemberian bantuan tersebut hanya selama 4 bulan yakni dari september hingga desember tahun ini.

Namun dalam rangka pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi covid-19 atau virus corona, pemerintah pun memperpanjang bentuk-bentuk bantuannya termasuk memperpanjang BLT karyawan Rp 600 ribu ini.

“Bantuan untuk subsidi gaji itu juga akan dilanjutkan dikuartal pertama tahun depan,” ujar Airlangga sesudah rapai paripurna kabinet, senin (07/09/2020).

Selain program subsidi upah, program lain juga ada yang akan lanjut perpanjangannya yakni banpres atau bantuan presiden bagi para pelaku usaha mikro dan kecil. Sama seperti bantuan gaji dari pemerintah, program bantuan itu juga akan lanjut ke kuartal pertama tahun depan.

Selain itu program lain selain banpres yang akan pemerintah lanjut hingga tahun depan yaitu program bantuan sembako, program kartu pra kerja, serta PKH (Program Keluarga Harapan).

“Dengan demikian program-program ini diharapkan untuk menjaga daya beli masyarakat di dalam situasi pandemi covid-19,” pungkasnya.

Sebagai informasi, total manfaat kartu pra kerja yakni sebesar Rp 3.550.000,- Dan perincian dana tersebut meliputi biaya pelatihan kerja sebesar Rp 1 juta, insentif pasca penuntasan pelatihan pertama Rp 600 ribu/bulan untuk setiap bulan selama 4 bulan.

Lalu penerima manfaat tersebut juga akan mendapat dana pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50 ribu selama 3 kali sehingga totalnya menjadi Rp 150 ribu.

Berikut cara mengecek data kepesertaan BPJamsostek:

1. Melalui Aplikasi PBJSTKU Mobile

Masing-masing dapat mengunduhnya pada iOS, android, dan juga blackberry secara gratis. Lalu setelah mengunduh aplikasi tersebut lakukan registrasi untuk memperoleh PIN.

2. Melalui Laman Resmi

Laman resminya yaitu sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

3. Melalui SMS

Selain daripada melalui laman resmi dan melalui aplikasi, individu bisa mengeceknya melalui mengirim pesan SMS ke 2757. Caranya dengan mengetik:

Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(bila ada). Lalu kirimlah ke nomor 2757 tersebut.

Kemudian setelah terdaftar, kirim lagi pesan dengan format SALDO(spasi)no peserta. Kirim 2757.

Add a Comment