Begini Cara Pakai Reels, Fitur Baru IG Pesaing Tiktok

Begini Cara Pakai Reels, Fitur Baru IG Pesaing Tiktok

PrimaBerita – Instagram merilis fitur baru video pendek yang disebut-sebut sebagai pesaing tiktok. Fitur tersebut dinamai dengan Reels.

Reels memungkinkan pengguna untuk membuat video durasi pendek alias hanya 15 detik yang digabungkan dengan musik/lagu pilihan dan tambahan filter serta efek. Lainnya fitur video Reels juga bisa dibagikan kepada teman atau pengikut.

Namun fitur terbaru dari instagram ini disebut tidak sama dengan fitur instagram stories sebab ada perbedaan di dalamnya. Reels menawarkan fitur tambahan seperti efek, pengeditan, transisi, hingga kontrol kecepatan di dalamnya.

Selain itu hasil kreasi pengguna Reels juga dapat dibagikan secara publik sehingga orang yang bukan pengikut pengguna dapat melihat video tersebut. Inilah yang menjadi salah satu keuntungan orang-orang yang sedang membangun pengikut (followers).

Untuk membuat video Reel anda hanya perlu membuka kamera instagram, persis seperti anda akan menggunakan fitur instagram stories. Lalu anda bisa memilih Reels. Setelah dibuka dalam fitur akan terlihat alat pengeditan bertumpuk pada sisi kiri layar. Rekamlah video anda dengan menggunakan tombol rekam.

Jika anda sering menggunakan fitur IG stories, anda bisa mengirim video Reels ke IG stories anda. Setelah 24 jam video tersebut akan hilang. Sedangkan bagi pengguna lain yang hendak menonton video Reels, pengguna cukup mengetuk ikon pencarian dan bisa mengomentari video singkat Reels secara langsung.

Namun fitur baru IG yang disebut pesaing tiktok ini hanya berdurasi 15 detik saja. Maka dengan demikian saat anda memulai membuat video akan terlihat sudah sejauh mana 15 detik anda terpakai. Ketuk bagian panah di sisi bawah ketika video Reels siap untuk ditayangkan.

Jangan lupa untuk menambahkan teks, tagar, maupun gambar sampul. Saat video dibagikan Reels akan muncul dan disimpan pada tab halaman profil yang mirip IGTV.

Informasinya fitur terbaru ini baru tersedia disekitar 50 negara saja termasuk Jepang, AS, Inggris, maupun Australia. Akan tetapi untuk para pengguna instagram di Indonesia sendiri, fitur video Reels masih belum tersedia.

Add a Comment