Negara Ini Tidak Memiliki Wilayah Lautan Tapi Punya Angkatan Laut

negara tidak memiliki wilayah lautan

PrimaBerita – Ternyata ada beberapa negara di dunia yang sama sekali tidak memiliki wilayah lautan. Dengan kata lain negara-negara tersebut hanya terdiri dari wilayah daratan saja. Namun begitupun negara tersebut punya personel Angkatan Laut (AL).

Berikut ini sederet negara yang tidak memiliki wilayah lautan tetapi mempunyai personel angkatan laut.

Negara Bolivia tidak memiliki wilayah lautan akan tetapi pasukan AL dibentuk dinegara ini. Pada tahun 1963, pemerintah setempat mendirikan Armada Bolivia. Namun pada tahun 1966 berganti menjadi Angkatan Laut Boliva. Para angkatan laut Bolivia ditugaskan padan wilayah danau yang ada di negaranya. Kemudian sebagian dari mereka ditugaskan juga di perairan darat seperti sungai.

  • Paraguay

Pasukan AL Paraguay pertama kali dibentuk di bawah Francia. Namun pada akhir tahun 1988, jumlah personel mereka telah mencapai 3.150 orang. Dimana sepertiga dari antaranya adalah para wamil (wajib militer).

Dengan 7 kapal patroli, 3 kapal amfibi, 6 kapal pertahanan sungai, serta beberapa unit pendukung lainnya, AL ditugaskan untuk bertanggungjawab dalam pemeliharaan alat bantu navigasi. Selain itu membantu menjaga penyeberangan sungai besar.

  • Azerbaijan

Berdasarkan informasi, negara Azerbaijan membentuk AL pada tahun 1919 setelah pasukan Inggris meninggalkan negaranya. Pada masa awal pembentukannya, jumlah personel AL mereka hanya memiliki 2 perwira tinggi karena Azerbaijan belum memiliki departemen AL. Namun secara perlahan dan seiring berjalannya waktu, kekuatan personel serta perlengkapan lapangan angkatan bersenjata mulai menunjukkan perkembangannya.

Meski tidak memiliki lautan tetapi wilayah gerilya AL ini disebut ada di laut Kaspia. Laut tersebut merupakan wilayah perairan luas yang dikelilingi oleh sejumlah negara yang diketahui tidak terhubung secara langsung dengan lautan lepas. AL melakukan simulasi tempur dengan AU maupun Badan Penjaga Pantai sejumlah negara yang mengelilingi laut Kaspia.

  • Uganda

Tidak memiliki lautan akan tetapi sebagian wilayahnya merupakan perairan yang datang dari danau Victoria. Berdasarkan informasi, Uganda memiliki pasukan AL yang bernama The Uganda People’s Defence Force (UPDV). Pasukan ditugaskan untuk memantau wilayah danau dan menangani kasus pencurian ikan jika terjadi di sana.

  • Laos

Pada tahun 1994, pasukan AL di negara Laos memiliki kekuatan personel sekitar 500 anggota. Pasukan tersebut ditugaskan untuk merawat kapal, menjaga keamanan sungai, bahkan ditugaskan pada saluran air di pedalaman. Para AL di negara ini dinamakan dengan Lao People’s Navy (LPN) dan sudah ada sejak tahun 1975.

Add a Comment