Ini Transgender Milioner Pertama dan Satu-satunya di Asia

PrimaBerita – Seorang transgender sukses merintis bisnis di media Thailand menjadi transgender milioner pertama dan satu-satunya di Asia. Transgender milioner pertama itu bernama Anne Jakrajutatip.

Anne mengklaim status tersebut dalam sebuah unggahan di Instagram-nya belum lama ini. “I’m Anne Jakrajutatip, the First and Only Transwoman Billionaire of Asia by Forbes Magazine,” tulis pendiri perusahaan JKN Global Media itu.

“Thank you to everyone who has the wonderful support. God bless you! I’m a strong and tough woman,” tulisnya lagi seraya mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang telah mendukungnya selama ini.

Jakkaphong ‘Anna’ Jakrajutatip mendirikan JKN Global Media pada 2013. JKN lalu berkembang dan memegang hak distribusi film-film dan program-program televisi di Thailand dari Walt Disney Co., CBS Corp., dan Sony Corp. JKN juga menjalin kerja sama dengan CNBC untuk penyiaran selama lima tahun ke depan.

Di bawah arahannya, JKN berhasil menjadi salah satu perusahaan media terbesar di Thailand. Dikabarkan Bloomberg pada 2018, laba bersih full year perusahaan naik menjadi 188 juta baht (US$ 5,7 juta) pada 2017.

Menurut situs resmi JKN, laba tersebut naik dari 49 juta baht pada 2014 setelah pendapatan meningkat lebih dari tiga kali lipat menjadi 1,16 miliar baht tahun lalu dari hanya 304 juta baht.

Adapun laba pada paruh pertama melonjak 66% dari tahun sebelumnya menjadi 139 juta baht.

Berkat kesuksesannya, lulusan Hubungan Internasional Bond University Sydney, Australia, itu, dianugerahi penghargaan Asia Media Woman of the Year di Content Asia Summit 2019 di Singapura. Seperti dikabarkan Bangkok Post, ia menjadi orang Thailand pertama sekaligus transgender perempuan pertama yang menyabet penghargaan tersebut.

“Anda harus cerdik dan belajar lewat interaksi bersama orang. Itu transformasi saya. Dan fakta bahwa saya terlahir lagi menjadi transgender perempuan, itu artinya saya terus bertransformasi setiap saat,” kata Anne yang saat ini berusia 40 tahun.

Add a Comment