Perhatikan 4 Hal Ini Jika Ponsel Terkena Air Hujan

PrimaBerita – Saat musim hujan seperti sekarang ini banyak hal yang perlu anda perhatikan. Salah satunya jika ponsel anda terkena air hujan. Biasanya, ketika hujan beberpa orang akan memilih untuk berteduh terlebih dahulu.

Namun ada juga yang memilih menerobos hujan tersebut karena ada sesuatu yang penting yang harus ia kejar. Misalnya keluarganya sakit atau ada kecelakaan dan lain sebagainya. Tidak sedikit pula ada yang telah menyiapkan payung sehingga lebih aman untuk berjalan ke luar ruangan.

Payung memang bisa melindungi bagian tertentu tubuh anda dari hujan. Namun payung dengan ukuran biasa hanya bisa melindungi pakaian atau tubuh anda, sedangkan barang yang anda bawa belum tentu.

Ponsel menjadi salah satu benda yang perlu Anda perhatikan dalam situasi tersebut. Ada kemungkinan hal-hal terburuk terjadi, seperti ponsel Anda terkena atau terjatuh pada genangan. Bila ponsel Anda tidak memiliki kemampuan tahan air, Anda perlu semakin waspada saat hujan.

Melansir dari berbagai sumber, saat ponsel pengguna tidak memiliki fitur tahan air dan basah kuyup terkena air hujan, sebaiknya pengguna memerhatikan beberapa hal berikut ini.

Perhatikan 4 Hal Ini Jika Ponsel Terkena Air Hujan

Jangan Hidupkan Ponsel

Ponsel yang masih basah atau masih meninggalkan sisa-sisa air  pada bagian hardware, sebaiknya pengguna tidak menyalakannya. Dalam keadaan basah, berbahaya bagi handset apabila anda nyalakan karena bisa merusak komponen kelistrikan.

Lepas Baterai

Saat ponsel dalam posisi mati dan tidak bisa anda nyalakan, segera cabut baterai ponsel (apabila memungkinkan) serta lepas simcard dan memory card. Melepas baterai membuat ponsel lebih aman karena betul-betul menghentikan aliran listrik yang mungkin terjadi  dalam ponsel.

Segera Keringkan Ponsel

Apabila ponsel basah, maka keluarkan atau hilangkan seluruh air yang menempel pada bodi ponsel. Lepas casing dan baterai, dan mulailah mengeringkan bagian dalam ponsel dengan tisu atau kain kering. Hindari menggunakan hairdryer yang bisa merusak komponen smartphone.

Manfaatkan Beras

Keringkan ponsel hingga benar-benar kering dan pengguna bisa menggunakan gel silica yang efektif menyerap air. Bila tidak ditemukan gel silica, pengguna juga bisa memanfaatkan beras.

Caranya, masukan handset yang basah ke dalam plastik atau toples, kemudian isi dengan beras sampai penuh. Diamkan minimal selama satu hari.

Add a Comment