3 Obat Nyamuk Alami, Aman Untuk Pernafasan

obat nyamuk alami

PrimaBerita – Obat nyamuk alami dapat mengusir serangga yang mengganggu seperti nyamuk. Sebab meski ukuran tubuh nyamuk sangatlah kecil akan tetapi binatang mini tersebut mampu menyebabkan penyakit pada manusia.

Untuk mengusir nyamuk di rumah, sekarang ini kebanyakan orang sudah menggunakan obat nyamuk semprot yang terbuat dari bahan kimia dan juga obat nyamuk listrik. Tapi rupanya cara instan seperti ini bisa berdampak bagi kesehatan.

Lihat Juga: Bahaya Lho, Ternyata Ini yang Terjadi Pada Makanan yang Dihinggapi Lalat

Sementara itu obat nyamuk yang banyak dijual di pasaran disebut mengandung sejumlah bahan aktif, seperti piretin. Piretin adalah pestisida tidak beracun tetapi jika dihirup dalam jumlah besar dapat mengganggu sistem pernafasan manusia. Sehingga anda disarankan untuk menggunakan obat nyamuk dari tanaman atau bahan alami seperti berikut.

1. Tumbuhan Serai

Manfaat yang paling umum dari serai adalah sebagai rempah bumbu masakan. Namun serai dapat juga digunakan untuk mengusir nyamuk lewat aromanya yang khas. Nyamuk tidak suka aroma serai. Untuk itu anda dapat membuat obat nyamuk semprot anda sendiri dengan tanaman serai.

Caranya, iris halus beberapa batang serai. Setelah itu jemurlah hasil irisan sampai mengering kemudian rendam sekitar 1 ons serai kering bersama dengan 25 ml air. Tunggu selama 1 hari. Setelah jadi, hasil rendaman bisa disimpan ke dalam sebuah botol berbentuk semprotan. Obat nyamuk alami yang terbuat dari tanaman serai bisa anda gunakan di bagian rumah untuk mengusir nyamuk.

2. Kulit Jeruk

Kulit jeruk juga tidak disukai nyamuk. Itu sebabnya dengan menggunakan bahan ini anda bisa mengusir nyamuk tanpa adanya campuran bahan-bahan kimia. Anda bisa mengandalkan berbagai keluarga tanaman citrus seperti buah jeruk pada umumnya, jeruk nipis, jeruk lemon, bahkan jeruk bali.

Cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggosokkannya langsung ke bagian kulit. Namun jika hal ini dirasa kurang nyaman, anda masih bisa melaksanakan cara lainnya yakni dengan mengolahnya sebagai air rebusan kulit jeruk. Kulit jeruk yang sudah direbus kemudian disaring lalu tunggu sampai dingin. Setelah dingin anda bisa memasukkannya ke dalam sebuah botol semprotan kosong.

3. Minyak Cengkeh

Selanjutnya minyak cengkeh juga disebut efektif untuk mengusir nyamuk. Namun tak disarankan untuk mengaplikasikan minyak cengkeh secara langsung ke bagian permukaan kulit. Oleh karena itu caranya adalah dengan melarutkan minyak cengkeh dengan minyak zaitun atau alkohol gosok. Setelah keduanya tercampur maka anda bisa mengoleskannya ke permukaan kulit anda.

Sumber artikel : PrimaDaily.com, 3 Obat Nyamuk Alami, Aman Untuk Pernafasan

Add a Comment