Viral Uang Koin 1000 Gambar Kelapa Sawit Dibanderol Jutaan Rupiah

Uang koin 1000 kelapa sawit

PrimaBerita – Ternyata uang koin pecahan 1000 yang memiliki gambar kelapa sawit mencuri perhatian karena dijual hingga puluhan juta rupiah di toko online. Saat ini peredaran uang koin tersebut memang sudah jarang ditemui akan tetapi masih ada saja orang yang menyimpannya.

Bagi para kolektor, mungkin uang lama atau uang kuno termasuk sebagai barang koleksi yang bernilai jual tinggi. Namun tidak dengan salah seorang kolektor sekaligus penjual uang kuno asal Bantul, Yogyakarta. Ia menyebut uang koin Rp 1000 lama masih belum langka betul.

Oleh karena itu Sutomo kolektor asal Bantul memberikan komentar terkait viralnya uang koin Rp 1000 gambar kelapa sawit yang dibanderol hingga puluhan juta rupiah di toko online. Menurutnya, apa yang dilakukan pelapak terkait hal tersebut dilakukan dengan asal-asalan saja.

“Adapun harga bertebaran di internet banyak yang asal posting saja,” ujar Sutomo, senin (15/06/2020).

Pria yang akrab disapa kang Tomo ini bahkan menyebut kalau dirinya sendiri saja menjual uang logam 1000 lama dengan harga Rp 1500 untuk setiap kepingnya. Jadi baginya tidak masuk akal bila dibanderol dengan harga jutaan hingga puluhan juta rupiah.

“Itu (uang koin Rp 1000 kelapa sawit) masih banyak jumlahnya,”

“Mustahil jika harganya jutaan. Sementara uang yang sudah puluhan tahun aja, kenaikannya tidak terlalu signifikan,” katanya.

Ia pun kemudian memaparkan beberapa kriteria supaya bisa disebut sebagai uang kuno. Kriteria yang pertama adalah peredaran uang ditarik dan tidak diterbitkan lagi oleh BI.

“Misalnya uang tahun 70-an hingga ke bawah sudah termasuk langka itu,” ujar kang Tomo.

Kriteria selanjutnya yaitu uang dapat dinilai kuno dari total yang diterbitkan. Semakin sedikit uang beredar maka kunonya akan bertambah. Ia juga mengatakan bahwa tidak semua uang kuno ditawarkan dengan harga tinggi.

Oleh karena itu kang Tomo berharap agat masyarakat dapat membaca lebih banyak literatur agar tidak terjebak dalam penawaran. Jika ingin mengoleksi uang kuno sebaiknya perbanyak pengetahuan tentang hobi yang satu ini.

Add a Comment