Perhatikan 7 Hal Ini Agar Terbang Aman dan Bebas Corona

Terbang Aman dan Bebas Corona

PrimaBerita – Sebelum memulai untuk melakukan perjalanan dengan menaiki pesawat ditengah pandemi corona ini, ada baiknya memperhatikan hal yang penting agar anda bisa terbang dengan aman dan bebas corona.

berikut 7 hal yang perlu diperhatikan agar terbang aman dan bebas corona :

1. Riset maskapai

Setelah memegang syarat terbang seperti hasil rapid test atau PCR test, riset maskapai dan lihat cara mereka melindungi penumpang dan awak kabin. Banyak maskapai telah menyematkan informasi terkait Covid-19 di laman resmi mereka.

Memilih penerbangan yang menerapkan batasan ketat bawaan untuk menghindari kerumunan saat naik pesawat. Membatasi barang bawaan bisa mengurangi waktu untuk berdiri di lorong. Dia menambahkan, sebaiknya pelajari pula cara maskapai menyesuaikan layanan makanannya.

Selain itu, layanan makanan lebih aman jika makanan sudah ditempatkan di kursi sebelum penumpang naik. Makanan ditaruh di wadah tertutup sehingga mudah dibuang.

Perhatikan pula kebijakan penggunaan masker dan face shield (penutup muka). Penggunaan masker dan face shield sebaiknya dilakukan saat naik, selama penerbangan dan saat turun baik untuk penumpang maupun awak kabin.

2. Interaksi di bandara

Berinteraksi di Bandara sangat berisiko, mulai dari check in hingga boarding, interaksi dengan orang lain seperti tak terelakkan. Namun ada beberapa tips untuk mengurangi interaksi.

International Air Transport Association (IATA) mendorong penumpang untuk mencetak boarding pass di rumah atau cukup tunjukkan boarding pass via ponsel. Usahakan pula untuk memilih self service saat di bandara.

3. Kurangi ke toilet

Banyak orang yang keluar masuk toilet dan ada banyak permukaan yang tersentuh seperti gagang pintu, keran maupun kenop penyiram kloset. Untuk itu, kurangi pergi ke toilet.

4. Jaga jarak dengan orang lain

Sebisa mungkin jaga jarak fisik dengan orang lain. Namun buat penerbangan kelas ekonomi tampaknya ini sulit. Pasalnya penumpang ditempatkan berdekatan seperti tanpa sekat.

5. Pakai face shield

Satu benda yang sama sekali tidak boleh Anda lupa adalah masker. Namun sebagai lapisan tambahan, IATA merekomendasikan untuk mengenakan face shield buat penumpang maupun awak kabin.

Face shield akan lebih melindungi saat dikenakan bersamaan dengan masker penutup mulut dan hidung. Ini pun menurunkan risiko penularan lewat batuk atau bersin. Saat orang batuk dan bersin, cairan bisa tersemprot hingga beberapa meter. Penggunaan masker atau face shield pun bisa menghindarkan Anda dari aktivitas menyentuh wajah.

6. Sedia hand sanitizer dan tisu basah

Penting untuk membersihkan area tempat duduk dengan tisu basah atau desinfektan dalam kemasan semprot. Selain itu jaga tangan tetap bersih dengan menggunakan hand sanitizer yang kandungan alkoholnya minimal 60 persen.

Penggunaan hand sanitizer pun meminimalisir kunjungan Anda ke toilet mengingat toilet bisa membawa lebih banyak risiko penularan lebih besar.

7. Cek kondisi kesehatan

Jika tidak ada keperluan penting dan mendesak, tetap di rumah adalah yang terbaik yang bisa dilakukan. Anda bisa saja memiliki risiko tinggi jika melakukan perjalanan. Sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi kesehatan.

Add a Comment