Liburan yang Ramah Lingkungan, Ayo Lakukan

liburan yang ramah lingkungan

PrimaBerita – Liburan bukan hanya tentang memusakan hasrat pribadi namun kalau bisa yang ramah lingkungan. Jadi dengan berbagai cara dapat dilakukan untuk membuat wisata berkelanjutan tanpa perlu mengorbankan alam.

Liburan sebaiknya tanpa meninggalkan jejak sampah. Oleh karena itu perilaku seperti ini tentu akan sangat berarti bagi lingkungan. Berikut terdapat cara liburan yang ramah lingkungan.

Tips Liburan yang Ramah Lingkungan

  1. Menggunakan Transportasi Umum

Ketika melakukan perjalanan liburan, tidak ada salahnya memilih angkutan umum. Mengapa demikian? Dengan cara ini pengalaman menjadi bertambah. Sepanjang perjalanan kita akan melihat berbagai jalan dan lokasi, serta aktivitas di dalamnya. Menggunakan transpotasi umum juga semakin dapat mengurangi jejak karbon dari polusi kendaraan.

  1. Membuang Sampah Per Kategori

Sampah sangat berpengaruh terhadap lingkungan. Jika sampah bertumpuk atau berserakan dimana-mana maka lingkungan tersebut bisa diklaim jorok. Oleh sebab itu usahakan setiap anda bepergian jangan membuang sampah sembarangan. Kemudian buanglah sampah sesuai dengan kategori, seperti sampah organik dan non-organik.

  1. Pakai Layanan Secara Bijak

Liburan biasanya identik dengan penginapan, misalnya hotel. Nah untuk itu sebaiknya gunakanlah fasilitas atau layanan hotel secara bijak. Meskipun sudah membayarnya, akan lebih baik mematikan lampu ketika tidak berada dalam kamar hotel. Begitu juga dengan fasilitas AC, TV, maupun kran air. Perilaku bijak tidak akan membuang sumber daya secara percuma atau sia-sia.

  1. Memakai Fasilitas Lain Secara Bijak

Jika handuk, sprei, sarung bantal, ataupun selimut hotel masih dalam keadaan bersih, sebaiknya anda tidak perlu meminta pihak hotel untuk menggantinya setiap hari. Hal ini bisa menghemat banyak energi dan air.

  1. Bawa Kantung Belanja Sendiri

Demi mengurangi penggunaan kantung plastik, biasakan membawa kantung belanja sendiri. Anda bisa menggunakan kantung belanja yang terbuat dari bahan kain atau parasut.

  1. Jangan Berkemah Pada Area Terlarang

Biasanya lokasi wisata akan membuat tanda-tanda yang memperbolehkan pengunjung untuk memasuki suatu kawasan, termasuk untuk mendirikan tenda. Jadi jika ada larangan sebaiknya jangan anda langgar.

  1. Ikut Melindungi Satwa Liar

Alangkah baiknya tidak membeli hewan yang spesiesnya sudah terancam punah. Sekalipun sebagai koleksi dan anda memiliki dana yang cukup, tindakan seperti ini bisa saja termasuk ilegal.

Selain itu jangan pula membahayakan hewan lokal dalam bentuk apapun, termasuk berada dekat sekali dengan hewan liar yang tampak jinak.

Add a Comment