Besok Ada Gerhana Matahari, Ini Tata Cara Sholat Gerhana

Besok Ada Gerhana Matahari, Ini Tata Cara Sholat Gerhana

PrimaBerita – Pada hari minggu besok, 21 juni 2020, Arab Saudi akan dilalui gerhana matahari parsial. Salah satu fenomena alam yang langka ini akan sangat jelas terlihat di kota Sharurah pada pukul 06:59 hingga 08:13 waktu setempat.

Namun rupanya gerhana matahari tersebut bukan hanya bisa dilihat di Arab Saudi saja melainkan bisa dilihat pada sebagian wilayah di Indonesia. Menurut data astronomis, sebanyak 31 provinsi di Indonesia akan mengalami gerhana matahari sebagian atau parsial pada 29 syawal 1441 H. Atau lebih tepatnya pada hari minggu, 21 juni 2020 besok.

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin menerangkan ketika besok gerhana matahari berlangsung, pemeluk Islam diharapkan supaya melaksanakan sholat kusuf secara berjamaah di wilayah tinggal masing-masing.

“Kami himbau kaum muslim di daerah yang mengalami gerhana dan aman covid-19 untuk menggelar solat sunah gerhana sesuai tuntutan syariat, tapi tetap memerhatikan protokol kesehatan,” himbau Kamaruddin melalui siaran persnya, sabtu (20/06).

Oleh karena besok akan ada gerhana matahari, umat muslim di tanah air dihimbau supaya melaksanakan sholat gerhana atau sholat kusuf. Adapun sholat kusuf yakni berjumlah 2 rakaat dan hukumnya sunah. Mengutip dari Okezone, berikut panduan/tata cara sholat gerhana yang dapat anda lakukan.

Tata Cara Sholat Gerhana

1. Berniat dalam hati
2. Takbiratul ihram, seperti melakukan sholat biasa
3. Membaca doa iftitah dan bertaawudz. Setelah itu melanjutkan dengan membaca surah Al-Fatihah serta membaca surah yang panjang dengan di-jahr-kan suaranya (diperdengarkan)
4. Rukuk sembari memanjangkannya
Bangkit dari rukuk (iktidal)
5. Usai iktidal tidak langsung sujud tetapi dilanjutkan dengan membaca surah Al-Fatihah dan surah yang panjang. Dalam hal ini aktivitas berdiri yang kedua dilakukan lebih singkat daripada berdiri yang pertama
6. Rukuk kembali yang panjangnya lebih pendek dari sebelumnya (rukuk pertama)
7. Bangkit dari rukuk
8. Sujud yang panjangnya sebagaimana rukuk, kemudian duduk diantara dua sujud dan sujud kembali
9. Bangkit dari sujud dan lakukan rakaat kedua sebagaimana rakaat yang pertama. Untuk bacaan serta gerakannya lebih singkat dari sebelumnya
10. Lakukan tasyahud
11. Salam

Ia juga menjelaskan bahwa setelah sholat, imam lalu menyampaikan ceramah kepada para jamaah. Dimana dalam ceramahnya merupakan berisi anjuran agar umat mau berzikir, berdoa, bersedekah, beristighfar, serta melakukan hal-hal kebaikan lainnya.

“Juga berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara,” ujarnya.

Add a Comment