WHO: Virus Corona Kemungkinan Tidak Akan Pernah Hilang

WHO: Virus Corona Kemungkinan Tidak Akan Pernah Hilang

PrimaBerita – World Health Organization (WHO) atau organisasi kesehatan dunia menyampaikan bahwa virus corona akan ada dalam waktu lama dan kemungkinan tidak akan pernah hilang.

“Virus ini kemungkinan hanya menjadi endemi virus pada komunitas kita, dan virus ini kemungkinan tidak akan pernah hilang,” seru Michael Ryan, direktur kedaruratan WHO melalui jumpa pers virtual di Jenewa.

Saat dunia tengah bertempur dan mengupayakan berbagai macam cara demi menghentikan penyebaran covid-19 secara cepat, Ryan mengingatkan bahwa dunia perlu mempersiapkan diri dalam jangka panjang.

Baca Juga: Tak Hanya Paru-paru, Bagian Tubuh Lainnya Ini Juga Bisa Diserang Virus Corona

“Saya pikir menjadi penting agar kita realistis dan saya tidak berpikir siapa pun dapat memprediksi kapan penyakit ini akan hilang,” kata Ryan.

Menurut Ryan apabila nantinya vaksin telah ditemukan maka penerapan global memerlukan upaya besar-besaran. Tambahnya lagi tanpa vaksin kemungkinan dibutuhkan bertahun-tahun untuk membangun tingkat kekebalan manusia terhadap virus.

Dirinya pun mencontohkan terhadap penyakit campak. Meski penyakit ini memiliki vaksin untuk mencegah manusia supaya tidak tertular. Namun tampaknya campak tak kunjung punah hingga kini.

Masih terkait dengan virus corona kemungkinan tidak akan pernah hilang. Sementara itu Tedros Adhanom selaku direktur jenderal WHO menekankan masih ada kemungkinan yang bisa dilakukan dalam pengendalian covid-19.

Akan tetapi ia menilai upaya pencegahan ini harus dilakukan dengan upaya keras. Pandemi merupakan urusan semua orang.

“Arah berada ditangan kita, dan ini adalah urusan semua orang. Kita semua harus berkontribusi untuk menghentikan pandemi ini,” katanya.

Kendati demikian Tedros juga memperingatkan bahwa tidak ada jaminan dari pelonggaran pembatasan sosial. Dipaparkannya pelonggaran ini tidak akan memicu gelombang kedua penyebaran virus corona.

Selain itu menurut epidemiologi WHO, Maria mewanti-wanti bahwa semua perlu memiliki pola pikir untuk bisa keluar dari masalah pandemi ini.

Add a Comment