Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

PrimaBerita – Sebagian orang mungkin menerapkan kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur dan kebiasaan ini tentu baik. Selain itu cara ini juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Melansir dari laman resmi Kemenkes, waktu terbaik untuk mulai mencukupi kebutuhan cairan yaitu saat pagi hari setelah bangun tidur. Bahkan sejumlah penelitian menujukkan bahwa kebiasaan minum putih setelah bangun tidur bermanfaat efektif untuk pemulihan kesehatan pada beberapa organ tubuh seperti organ reproduksi hingga mata.

Dengan demikian ada baiknya setiap orang untuk rutin minum air putih setidaknya 640 ml (sekitar 4 gelas) selepas bangun tidur pagi. Sebab manfaat-manfaat berikut ini akan kita dapatkan.

Pencegahan Infeksi Kandung Kemih

Tercukupinya asupan air putih dapat membantu mengencerkan kandungan asam yang biasanya dapat pula memicu batu ginjal. Tentu penyakit membuat seseorang menjadi tidak aman. Jadi agar resiko terjadinya penyakit ini bisa semakin kecil apabila anda rajin mengonsumsi air putih.

Detoksifikasi Lebih Cepat

Malam hari disebut merupakan waktu terbaik bagi tubuh untuk mengeluarkan racun. Sehingga selepas seseorang bangun tidur dan langsung mengonsumsi air putih dapat membantu pembersihan racun yang tersisa. Bukan hanya itu proses sel darah baru serta sel otot juga akan meningkat.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Minum air putih saat perut kosong bisa menstabilkan sistem limfatik yang mempengaruhi imun. Sementara itu daya tahan tubuh yang baik tentu bisa melindungi tubuh dari berbagai serangan dan ancaman penyakit.

Menyehatkan Kulit dan Rambut

Kulit kering akibat dehidrasi (kekurangan cairan) akan cepat teratasi hanya dengan minum air putih usai bangun tidur. Selain itu kebiasaan sehat ini juga bagus untuk rambut untuk terhindar dari resiko kerapuhan.

Metabolisme Tubuh

Mengonsumsi air putih saat dalam keadaan perut kosong dapat menaikkan proses metabolisme tubuh hingga 24%. Oleh karena itu manfaat ini bagus untuk membantu anda yang sedang melaksanakan diet. Atau kepada anda yang sedang pemulihan masalah kesehatan sistem pencernaan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Pelepasan racun yang optimal secara tidak langsung akan memperbaiki kondisi sistem pencernaan sehingga dengan begitu seseorang tidak akan merasa cepat lapar. Selain itu mengonsumsi banyak air putih juga bisa mencegah seseorang untuk makan secara berlebihan.

Add a Comment