Masjid Nurul Huda Barukang Masih Melaksanakan Salat Tarawih

PrimaBerita – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah telah mengeluarkan surat edaran berisi himbauan pelaksanaan salat Tarawih di rumah selama Ramadhan. Namun, warga Kelurahan Gusung, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, masih tetap melaksanakan salat Tarawih di masjid Nurul Huda Barukang.

Rekaman video ratusan jemaah Masjid Nurul Huda di Jalan Barukang ini viral di media sosial. Kepala Satpol PP Makassar Iman Hud membenarkan bahwa warga  melaksanakan salat Tarawih di Masjid Nurul Huda tetap berlangsung. Karena aparat pemerintah dan keamanan setempat terlambat mengantisipasi jemaah yang telah telanjur berkumpul dan melaksanakan salat Tarawih di masjid.

“Aparat di lokasi tidak mengambil tindakan menghentikan jemaah yang sudah telanjur melaksanakan ibadah di masjid, untuk menghindari timbulnya reaksi warga yang tidak diinginkan bersama, aparat lebih memilih tindakan persuasif pada jemaah,” ujar Iman, Kamis (23/4/2020).

Usai pelaksanaan salat Tarawih, lanjut Iman, Camat Ujung Tanah Andi Unru bersama aparat Polsek Ujung Tanah dan Koramil setempat. Langsung melakukan pendekatan kepada para tokoh agama dan tokoh masyarakat Ujung Tanah. Untuk membantu memberi pemahaman kepada jemaah terkait larangan berkumpul guna mencegah penyebaran virus Corona.

Iman berharap upaya pendekatan persuasif yang dilakukan seluruh aparat terkait dapat dipahami jemaah Masjid Nurul Huda. Sehingga mereka tidak lagi melaksanakan salat berjemaah di masjid sesuai dengan yang diatur dalam kebijakan Pemkot Makassar tentang pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Add a Comment